Breaking News:

Ekspor Kopi Kian Menjual, Pemerintah Berencana Hibahkan Mesin Kopi Kapsul Ke Pengusaha Tahun Ini

Dikatakan Ujiana, saat ini Indonesia khususnya Sumatera Utara punya kesempatan untuk masuk ke pasar dunia. 

Penulis: Kartika Sari | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/ALMAZMUR
Kopi Sidikalang yang memiliki citarasa khas 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Biji kopi asal Sumatera Utara memiliki potensi besar untuk ekspor dengan nilai ekonomi yang tinggi. 

Baca juga: Final Piala Soeratin U-17 Sumut 2021, PSSA Asahan Vs PSDS Deliserdang

Hal ini diungkapkan Eksportir Kopi Sumut, Ujiana Sianturi yang mengatakan jika saat ini harga kopi jenis Robusta seharga Rp90 ribu per kg.

Dikatakan Ujiana, saat ini Indonesia khususnya Sumatera Utara punya kesempatan untuk masuk ke pasar dunia. 

"Kopi saat ini sangat berpotensi besar untuk dapat mengambil pasar dunia, terlebih saat ini Brazil sebagai penghasil kopi terbesar sedang mengalami musim yang gak cukup bagus sedangkan Indonesia khususnya Sumut juga penghasil kopi terbesar, nah disini sebenarnya kesempatan kita," ungkap Ujiana, Selasa (11/1/2022).

Tak hanya itu, Ujiana juga mengatakan telah melakukan perjumpaan dengan pihak pemerintah untuk dapat mendukung produksi kopi. 

"Kita sudah melakukan perjumpaan dengan pemerintah Sumut dan dijanjikan untuk diberikan tiga buah mesin kopi kapsul, kalau jadi bulan 3 akan kita terima," ujarnya.

Dikatakan Ujiana, saat ini para pelaku bisnis kopi masih terkendala di mesin produksi, sehingga dengan adanya mesin ini diharapkan mampu mendongkrak produksi.

Baca juga: PP PBSI Umumkan Sumut Tuan Rumah Pelatwil Indonesia Wilayah Barat

Adapun untuk mesin kopi kapsul ini akan mampu meningkatkan produksi ekspor dengan nilai ekonomi yang berkali lipat dibanding ekspor kopi yang saat ini masih diterapkan dalam bentuk biji kopi.

Tentunya, ini menjadi kesempatan bagi para petani maupun eksportir kopi di Sumut untuk mencuri pasar terlebih jika nantinya mesin kopi kapsul dapat dioperasikan oleh para eksportir. 

"Kita harap kedepannya para petani kopi dapat semangat memberikan kualitas terbaik agar nantinya mampu mendapatkan nilai pendapatan yang tinggi dengan olahan yang dilakukan," pungkasnya.

(cr13/tribun-medan.com)
 

 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved