Breaking News:

Ternyata Korban Pelecehan Seksual Pria 51 Tahun di Siantar Lebih dari 1 Anak

ES mengatakan, setelah kejadian ini banyak yang ternyata dicabuli oleh pelaku. Kita sama-sama ke Polres Pematangsiantar waktu itu untuk melaporkan. 

Penulis: Alija Magribi | Editor: Ayu Prasandi
news law via tribunnews
ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Siantar, Ida Halanita Damanik meminta orangtua dan anak korban pencabulan berani speak-up ke pihak kepolisian.

Pasalnya banyak kasus yang ditemukan justru dibawa diam oleh keluarga.

Kepada Tribun Medan, Selasa (11/1/2022), Ida mengatakan seringkali dirinya yang ikut mendampingi justru dipersulit bahkan menjadi ajang pelampiasan amarah keluarga korban.

Baca juga: PP PBSI Umumkan Sumut Tuan Rumah Pelatwil Indonesia Wilayah Barat

“Padahal kita tahu, kasus pelecehan seksual terhadap anak, pencabulan dan sebagainya bisa menimbulkan trauma bagi anak. Banyak orangtua yang merasa malu bicara. Tapi kan ini demi anak,” terang Ida.

Ida menyebut, padahal dengan melaporkan kejadian kasus-kasus pelecehan ini kepada pihak berwajib, polisi dan keluarga serta LPA anak bisa mengambil tindakan terbaik untuk anak dan pelaku.

“Sehingga kita tahu bagaimana merespons trauma atau pengalaman yang dihadapi anak, dan menuntut hukuman terhadap pelaku,” katanya.

Salah satu pelaku pencabulan anak, Rudi Asimah Simatupang (51) yang kini menjadi terdakwa di Pengadilan Negeri (PN) Pematangsiantar dituding tak hanya mencabuli satu orang anak, melainkan beberapa orang anak tetangga.

Rudi Asimah sendiri dilaporkan oleh ES ke Polres Pematangsiantar, 5 September 2021 lalu, lantaran mencabuli putrinya.

Baca juga: Ekspor Kopi Kian Menjual, Pemerintah Berencana Hibahkan Mesin Kopi Kapsul Ke Pengusaha Tahun Ini

Pascakejadian ini sejumlah tetangga pun berang dan menanyakan putri masing-masing apakah pernah dilecehkan dengan orang yang sama.

ES mengatakan, setelah kejadian ini banyak yang ternyata dicabuli oleh pelaku. Kita sama-sama ke Polres Pematangsiantar waktu itu untuk melaporkan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved