Breaking News:

Menteri Yakin Harga Migor Segera Turun Jadi Rp14.000 Per Liter, Pemerintah Subsidi 1,2 Miliar Liter

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan segera mengeksekusi program pendistribusian 1,2 miliar liter minyak goreng.

Editor: Liston Damanik
Tribun Medan
Penjual minyak eceran saat menunjukkan minyak curah di Pusat Pasar Medan, Senin (13/12/2021). Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI telah mengumumkan mengenai pembatalan pelarangan edaran minyak curah yang sebelumnya akan diberlakukan pada 1 Januari 2022 mendatang. 

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan segera mengeksekusi program pendistribusian 1,2 miliar liter minyak goreng.

Diharapkan, pendistribusian minyak goreng murah tersebut dapat menjaga stabilitas harga minyak goreng di pasar yang dalam beberapa waktu terakhir mengalami peningkatan.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, Pemerintah akan memakai mekanisme melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Baca juga: Dengarkan Keresahan Warga, KSP Observasi Langsung Harga Minyak Goreng

Di mana Pemerintah menyiapkan 1,2 miliar liter minyak goreng, dan dari total tersebut akan disubsidi.

"Kita sedang mengintervensi supaya harga minyak goreng ini. Yaitu dengan tujuan barang ada dan harga terjangkau di Rp14.000 per liter. Mekanismenya menggunakan mekanisme BPDPKS kira-kira kita akan mensubsidi sekitar Rp3.000 (per liter) dan kita siapkan untuk 1,2 miliar liter untuk 6 bulan pertama di 2022,” ucap Mendag Lutfi saat peluncuran brand Holding BUMN Pangan di Jakarta, Rabu (12/1/2022).

“Saya jamin harga akan di Rp14.000 per liter,” tegasnya.

Nantinya, ada sebanyak 1,2 miliar liter minyak goreng kemasan sederhana yang disalurkan untuk enam bulan pertama tahun 2022.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, pasokan minyak goreng dengan harga murah tersebut akan tersedia di pasar tradisional dan ritel modern dengan kemasan yang sederhana.

Mendag Lutfi juga membeberkan secara gamblang, mengapa harga minyak goreng di pasar mengalami lonjakan.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved