Breaking News:

Nekat Cari Untung Ratusan Ribu dengan Jual Ganja, 3 Sekawan Dituntut 12 Tahun Penjara

Jaksa penuntut umum (JPU) Felix Ginting menilai ketiganya bersalah atas kepemilikan 6.365 gram ganja.

TRIBUN MEDAN/GITA  
Nekat berdagang ganja dan sabu, tiga sekawan Prima Agung Wibowo, Saren Ran dan Asril Alisah Bana Pohan jadi pesakitan di Pengadilan Negeri Medan, Rabu (12/1/2022).  

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN- Cari untung Rp 600 ribu dagang ganja, tiga sekawan Asril Alisah Bana Pohan, Prima Agung Wibowo dan Saren Ras, dituntut masing-masing 12 tahun penjara di Pengadilan Negeri Medan, Rabu (12/1/2022).

Jaksa penuntut umum (JPU) Felix Ginting menilai ketiganya bersalah atas kepemilikan 6.365 gram ganja.

"Meminta majelis hakim yang menyidangkan perkara ini, agar menghukum para terdakwa dengan pidana 12 tahun penjara," kata JPU di hadapan Hakim Ketua Dominggus Silaban.

Menurut JPU, para terdakwa bersalah melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan narkotika golongan I dalam bentuk tanaman beratnya melebihi 5 batang pohon berupa ganja seberat 6.365 gram.

"Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 114 ayat (2) UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP," ujar JPU.

Tak hanya hukuman penjara, para terdakwa juga dibebankan membayar denda masing-masing Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan. 

"Menetapkan para terdakwa tetap ditahan," kata JPU.

Baca juga: Baca Doa dengan Kalimat Robbana Atina Milladunka Rohmah, Berikut Manfaatnya yang Luar Biasa

Atas tuntutan JPU, majelis hakim memberikan kesempatan para terdakwa untuk mempersiapkan nota pembelaan atau pledoi.

Dikatakan JPU perkara ini berawal pada Minggu 15 Agustus 2021 lalu sekira pukul 17.30 WIB, saat Ditrenarkoba Polda Sumut telah melakukan penangkapan terhadap terdakwa Prima yang awalnya ditangkap memiliki narkotika  jenis sabu.  

Selanjutnya, terdakwa diinterogasi dan dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Dari pengakuan terdakwa Prima ditemukan ganja milik Saren Ras yang disimpan terdakwa bersama-sama dengan Asril Alisah Bana Pohan di dalam rumah terdakwa. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved