Breaking News:

News Video

Seragam Satuan Pengamanan (Satpam) Dinilai Terlalu Mirip Dengan Polisi

Selain itu, warna cokelat juga dipilih lantaran warna tersebut dinilai netral dan identik dengan warna-warna elemen bumi, seperti tanah, kayu, dan

Editor: heryanto
Seragam Satpam Akan Diganti Karena Terlalu Mirip Polisi 

Seragam Satuan Pengamanan (Satpam) Dinilai Terlalu Mirip Dengan Polisi

TRIBUNMEDAN.COM, MEDAN - Beberapa bulan lalu, seragam Satuan Pengamanan (Satpam) yang berwarna putih-biru tua diubah menjadi warna cokelat mirip polisi.

Pada September 2020 itu, seragam satpam diubah agar dapat menumbuhkan kebanggaan satpam terhadap profesi mereka serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri.

Selain itu, warna cokelat juga dipilih lantaran warna tersebut dinilai netral dan identik dengan warna-warna elemen bumi, seperti tanah, kayu, dan batu.

Akan tetapi, baru-baru ini seragam satpam akan diganti lagi. Apa alasannya?

Diberitakan Kompas.com, Rabu (12/1/2022), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) tengah memproses perubahan warna seragam satpam dari warna cokelat muda ke warna krem.

Alasannya diungkapkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan.

Dia mengatakan, perubahan ini dilakukan karena warna seragam Satpam terlalu mirip polisi, sehingga membingungkan masyarakat.

"Seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan Satpam," kata Ramadhan.

Alasan lainnya adalah satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Oleh karena itu, satpam perlu memiliki identitas sendiri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved