Breaking News:

Pernah Pecundangi Kejaksaan, Sekda Jabiat Sagala Kembali Ditetapkan Jadi Tersangka Dana Bansos

Di Kejari Samosir JS dan SS kemudian disangkakan melanggar pasal 2 subsider 3 junto pasal 55 ayat 1 KUHP junto pasal 18 UU Tipikor. 

HO/Tribun Medan
Jabiat Sagala, Tersangka Korupsi Bansos Covid 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut), disebut-sebut telah menetapkan 4 tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyalahgunaan belanja tidak terduga penanggulangan Covid-19 di Samosir.

Saat dikonfirmasi tribunmedan.com, Kasipenkum Kejati Sumut Yos A Tarigan membenarkan hal tersebut.

"Penetapan tersangka bulan Januari, adapun keempatnya yakni JS (Sekda Samosir), SES (selaku rekanan), SS (PPK Kegiatan) dan MT (selaku PPK Kegiatan)," kata Yos, Sabtu (15/1/2022).

Dikatakan Yos, Tim Penyidik Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara sudah memanggil 4 tersangka dugaan tindak pidana korupsi pada penyalahgunaan belanja tidak terduga penanggulangan bencana non alam, dalam penanganan Covid-19 Status Siaga Darurat 2020 di Kabupaten Samosir itu, untuk memberikan keterangan di kantor Kejati Sumut, kemarin Jumat (14/1/2022). 

Namun, kata Yos keempat tersangka belum ada yang memenuhi panggilan. "Sudah ada pemanggilan terhadap para tersangka, namun mereka tidak menghadiri pemanggilan tersebut," ucapnya.

Yos A Tarigan mengatakan pemanggilan keempat tersangka, guna dimintai keterangan dan pemeriksaan lebih lanjut, terkait penyalahgunaan anggaran belanja penanganan Covid-19. 

"Kita berharap, untuk mempercepat proses penyidikan terhadap perkara ini, 4 tersangka kooperatif dan memenuhi panggilan tim penyidik," ucapnya.

Saat ditanya jika terus menerus tidak memenuhi panggilan apa sikap dari Kejati, Yos mengatakan Tim Pidsus akan mengambil sikap.

"Info dari Pidsus direncanakan akan dipanggil ulang. Nanti tim yang ambil sikap," pungkasnya.

Diketahui dari pemberitaan sebelumnya Kejari Samosir sudah menetapkan dua orang tersangka yaitu JS (Sekda) dan SS (Plt Kadis Perhubungan) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir sekitar Februari 2021 lalu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved