Breaking News:

Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan, Redakan Stres hingga Meredakan Nyeri

Musik, dinilai dapat membantu meredakan stres, membuat kita merasa menjadi lebih semangat, dan bahkan dapat membantu meredakan nyeri.

Penulis: Dina purnama | Editor: Royandi Hutasoit
Public Domain Pictures
Ilustrasi mendengarkan musik 

TRIBUN-MEDAN.com - Jika ingin melatih kekuatan fisik, lakukan olahraga. Namun apabila hendak mengasah kekuatan otak, dengarkanlah musik.

Mengapa begitu? Sebab, manfaat mendengarkan musik untuk kesehatan otak maupun tubuh secara keseluruhan, sangatlah besar.

Musik, dinilai dapat membantu meredakan stres, membuat kita merasa menjadi lebih semangat, dan bahkan dapat membantu meredakan nyeri.

Siapa sangka, menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan cara yang begitu menyenangkan. Mulai dari kesehatan mental hingga fisik.

Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai manfaat mendengarkan musik untuk tubuh kita.

1. Bantu redakan stres

Kamu mungkin sering mengalami, saat sedang stres lalu mendengarkan lagu kesukaan, pikiran kemudian berangsur menjadi lebih tenang. Hal ini bukanlah suatu kebetulan dan ada penjelasan ilmiah dibaliknya.

Mendengarkan musik, rupanya dapat menurunkan kadar kortisol di tubuh. Kortisol adalah hormon yang bertanggung jawab sebagai respons terhadap stres.

Musik juga dapat memberikan pengaruh pada aktivitas fisiologis di tubuh, seperti detak jantung, suhu tubuh, hingga tekanan darah.

Musik dengan tempo yang lambat, dinilai dapat menurunkan jumlah detak jantung, laju pernapasan, dan tekanan darah. Sementara itu, musik dengan tempo yang cepat memiliki efek sebaliknya

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved