Breaking News:

Relaksasi PPnBM Kembali Diperpanjang, Dealer Mobil di Sumut Kini Tunggu Surat Edaran

Khusus mobil Ayla dan Sigra yang merupakan produk dari Daihatsu, Tony mengatakan pengaruh ke PPnBM ini belum berpengaruh terlalu besar.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Royandi Hutasoit
Kartika/Tribun Medan
Sales counter Auto 2000 Medan Binjai saat berfoto di sebelah Mobil Innova yang terkena PPnBM 2500 CC, Senin (5/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Setelah berakhir pada akhir Desember lalu, pemerintah akhirnya kembali memperpanjang relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) pada tahun 2022.

Pada tahun 2022 ini, pemerintah memberikan relaksasi menjadi dua kategori, yakni mobil LCGC (low cost green car) yang berada di bawah Rp200 juta serta mobil non-LCGC dengan harga di bawah Rp250 juta.

Tentunya relaksasi ini turut disambut baik oleh perusahaan otomotif yang juga berharap relaksasi PPnBM diperpanjang.

"Kalau memang itu terjadi, kami sangat happy sekali. Karena dengan adanya stimulus itu, pemerintah masih mendorong pergerakan ekonomi terutama di market otomotif. Jadi kami sangat menunggu sekali ini untuk PPnBM nya," ungkap ungkap Kepala Cabang Astra Daihatsu SM Raja, Tony Andreas Tirto, Senin (17/1/2022).

Berdasarkan penuturan Tony, saat ini pihaknya masih menunggu surat informasi perpanjangan relaksasi PPnBM.

"Kalau sampai hari ini, kami masih dengar informasinya lewat media massa. Kalau bicara rule of the gamenya atau SK tertulisnya kami menunggu. Kalau memang bisa, malah sangat bagus sekali," ujarnya.

Sejauh ini, pemerintah hanya mengeluarkan lima jenis mobil, diantaranya Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Honda Brio Satya, Toyota Agya, dan Toyota Calya.

Khusus mobil Ayla dan Sigra yang merupakan produk dari Daihatsu, Tony mengatakan pengaruh ke PPnBM ini belum berpengaruh terlalu besar.

"Kalau kita melihat manuver konteks Ayla dan Sigra, itu kan masuk ke jenis mobil LCGC. Nah sebenarnya impact ke PPnBM masih minor. Karena sebelumnya mobil LCGC ini belum ada PPnBM. Namun dengan adanya diskon PPnBM ini, mau berapapun nominalnya kami sangat happy karena otomotis akan meningkatkan konsumen Daihatsu itu sendiri," tutur Tony.

(cr13/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved