Sosok Syah Afandin, Wakil Bupati Langkat Pengganti Terbit Rencana Perangin-angin yang Kena Ciduk KPK

Ondim kelahiran 23 Juni 1966 (55 tahun) merupakan Wakil Bupati Langkat periode 2019 hingga 2022, putera Melayu adik dari H. Syamsul Arifin

Penulis: Tria Rizki | Editor: Royandi Hutasoit
Istimewa
Wakil Bupati Langkat, Syah Afandin alias Ondim Menyampaikan Jawaban Pemkab Langkat atas Pandangan Fraksi DPRD Langkat 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi akan menunjuk Wakil Bupati Langkat, Syaf Afandin sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati untuk sementara waktu.

Hal itu disampaikan Edy ketika diwawancara di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kamis (20/1/2022).

Terlebih Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-angin baru saja terjerat kasus hukum, terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK.

"Nanti akan saya buat surat pelaksana harian, Wakil Bupati Langkat," kata Edy.

Menurut mantan Pangkostrad itu, imbauan agar tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan telah rutin ia lakukan, baik kepala bupati/wali kota maupun seluruh OPD Pemprov Sumut.

Tertangkapnya Bupati Terbit Rencana, diharapkan menjadi pelajaran bagi seluruh pejabat, termasuk dirinya untuk tidak melakukan perbuatan yang bertentangan dengan hukum.

"Sudah bolak balik diantisiapsi. Nanti diingatkan kembali, termasuk diri saya," ujarnya.

Lantas siapa Wakil Bupati Langkat?

Wakil Bupati Langkat Syah Afandin alias Ondim meresmikan Kampung Batik di Brandan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.
Wakil Bupati Langkat Syah Afandin alias Ondim meresmikan Kampung Batik di Brandan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. (Istimewa)

Sosok Syah Afandin

Yang menjabat sebagai Wakil Bupati Langkat saat ini adalah H. Syah Afandin, S.H atau yang biasa disapa Ondim.

Ondim kelahiran 23 Juni 1966 (55 tahun) merupakan Wakil Bupati Langkat periode 2019 hingga 2022, putera Melayu adik dari mantan Gubernur Sumatera Utara H. Syamsul Arifin.

Wakil Bupati yang lahir di Pangkalan Brandan, Sumatera Utara ini merupakan alumni dari Universitas Medan Area yang juga sebagai politikus PAN.

Sebelumnya Ondim juga menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Utara periode 2014 hingga 2018.

Ondim masih aktif menjadi Ketua HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Sumatera Utara yang merupakan basis gerakan nelayan yang ada di Jabupaten Langkat.

Saat menjadi Ketua HNSI, Ondim melakukan pemberdayaan bersama pemerintah yaitu memberikan asuransi 15 ribu bagi nelayan di Kabupaten Langkat, serta mengadvokasi pemerintah Malaysia untuk pembebasan nelayan yang ditangkap di negeri Jiran tersebut.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved