Geosite Sipinsur, Wisata yang Hits di Humbang Hasundutan, Biaya Masuk Hanya Rp 1000

Hanya bermodalkan Rp 1000, wisatawan sudah bisa masuk ke kawasan objek wisata Geosite Sipinsur.

Penulis: Muhammad Anil Rasyid | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN / Muhammad Anil Rasyid
Jejeran batang pohon pinus yang menjadi salah satu spot berfoto selama di Geosite Sipinsur, Humbahas. 

TRIBUN-MEDAN.com, HUMBAHAS - Geosite Sipinsur salahsatu wisata yang hits di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Objek wisata ini, berada di kawasan yang dipenuhi pepohonan pinus dengan udara segar serta pemandangan hamparan Danau Toba. 

Hanya bermodalkan Rp 1000, wisatawan sudah bisa masuk ke kawasan objek wisata Geosite Sipinsur.

Wisata Sipinsur merupakan tempat terbaik untuk melihat keindahan Danau Toba dari sisi yang berbeda. 

Presiden Jokowi mengunjungi Geosite Sipinsur, Humbahas, Sumut, Senin (29/7/2019).
Presiden Jokowi mengunjungi Geosite Sipinsur, Humbahas, Sumut, Senin (29/7/2019). (TRIBUN MEDAN/TOMMY SIMATUPANG)

Baca juga: 3 Shio yang Bawa Hoki dalam Bisnis di Tahun Macan Air 2022

Dataran tinggi yang berada di Kabupaten Humbang Hasundutan ini, makin hari kian makin terkenal.

Akses yang tidak sulit, dan berjarak sekitar 30 menit dari Bandara Silangit, membuat hampir setiap akhir pekan sejumlah wisatawan dan komunitas datang dan menggelar berbagai acara.

Untuk menuju kawasan wisata ini, wisatawan dapat melalui Jalan Sidikalang-Medan dan Jalan Lintas Sumatera. Sebagai alternatif, wisatawan dapat naik pesawat terbang menuju Bandara Silangit.

Biasanya, wisatawan mengabadikan pemandangan Danau Toba dari ketinggian bukit. Kemudian melanjutkannya dengan mencari tempat foto lain yang juga berlatar alam.

"Keunggulan dari tempat wisata Sipinsur ini adalah, pemandangan yang luar biasa untuk melihat Danau Toba.

Dari sudut Sipinsur, danau terbesar di indonesia ini terlihat mempesona, dan makin membuat wisatawan yang berfoto makin terlihat keren," ucap Sari pengunjung asal Kota Medan, Rabu (26/1/2022). 

Sementara itu, hembusan angin menemani wisatawan menikmati momen panorama Danau Toba. Tetapi panorama itu tak terlihat jika turun hujan, karena tertutup kabut tebal.

Baca juga: Xiaomi Gebrak Pasar Ponsel, Bakal Rilis 12 Ponsel Terbaru, Termasuk Ponsel Lipat

Manpar Arief Yahya bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimoeljono saat meninjau Geosite Sipinsur didampingi pejabat daerah setempat.
Manpar Arief Yahya bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimoeljono saat meninjau Geosite Sipinsur didampingi pejabat daerah setempat. (BPODT)

Selain panorama Danau Toba, di wisata Sipinsur juga memiliki pepohonan pinus. Area ini menjadi tempat yang tepat untuk menikmati kerimbunan pohon dan merasakan kesegaran anginnya.

Selain itu, banyak spot menarik juga yang telah dibangun di tempat ini.

"Ada spot yang berada di tepi tebing ini menjadi salah satu spot foto favorit pengunjung. Banyak yang ngantri biasanya untuk berfoto," ujar Sari. 

Hutan pinus juga menjadi daya tarik untuk latar foto wisatawan. Tak heran lokasi hutan ini kerap dijadikan sebagai latar sesi prewedding.

Jejeran batang pohon pinus yang menjadi salah satu spot berfoto selama di Geosite Sipinsur, Humbahas.
Jejeran batang pohon pinus yang menjadi salah satu spot berfoto selama di Geosite Sipinsur, Humbahas. (TRIBUN MEDAN / Muhammad Anil Rasyid)

Tidak ketinggalan juga bagi pengunjung yang ingin bermalam di kawasan wisata Sipinsur, di lokasi ini bisa berkemah dengan suasana dingin. Jika tidak membawa perlengkapan untuk berkemah, di Sipinsur ada fisilitas penyewaan tenda kemah.

Dengan bermalam, wisatawan dapat menyaksikan keindahan terbit dan terbenamnya matahari di Danau Toba.

Kemudian, akses jalan menuju Taman Sipinsur pun sudah cukup baik. Wisatawan dapat menuruni lereng bukit dengan ratusan anak tangga. Pagar dan pegangannya terbuat dari besi yang disediakan di sisi kiri dan kanan tangga. Lokasi wisata ini buka dari pukul 07.00 WIB sampai 23.00 WIB.

(cr23/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved