Breaking News:

Penyakit Kulit Panu

Panu atau tinea versicolor merupakan infeksi jamur pada kulit yang umum terjadi di daerah tropis dan disebabkan oleh spesies jamur malasezia furfur.

Editor: Ismail
Tribun Medan/HO
Panu 

Oleh: Dr. Edward Wijaya

Panu atau tinea versicolor merupakan infeksi jamur pada kulit yang juga umum terjadi di Indonesia dan sering menyerang pada remaja maupun dewasa muda terutama yang tinggal di iklim tropis yang disebabkan oleh spesies jamur malasezia furfur dengan gejala-gejala seperti bercak keputihan atau kecokelatan disertai sisik halus di badan, dada, punggung, perut, wajah.

Dan bercak-bercak ini menimbulkan rasa gatal apabila tubuh berkeringat.

Penyakit panu bisa menular dengan cara bersentuhan kulit langsung dengan penderita ataupun berganti-gantian memakai pakaian atau handuk penderita.

Penyakit panu tidak berbahaya tapi menular dan menimbulkan rasa tidak percaya diri bagi penderitanya karena menimbulkan warna kulit yang berbeda dengan warna kulit asli.

Penyakit panu bisa didiagnosa oleh dokter dengan cara melihat secara langsung ataupun dengan kerokan kulit penderita apabila hasil pemeriksaan dokter menunjukkan penyakit panu maka dokter akan meresepkan obat-obatan anti jamur topical ataupun oral yang harus rutin dikonsumsi oleh penderita agar mencapai kesembuhan.

Pembaca artikel ini juga harus tahu cara pencegahan penyakit panu adalah sering berganti pakaian apabila berkeringat, sering mandi, tidak berganti-ganti pakaian dengan orang lain, mengeringkan badan dengan benar seusai mandi dan yang paling penting diketahui adalah penyakit ini bisa disembuhkan dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved