Ini Pesan Presiden Jokowi untuk Anak-anak Generasi Emas Pakpak Bharat: Asah Terus Kemampuanmu

Presiden Joko Widodo didampingi Menko Marves Luhut Panjaitan, Menteri PUPR Basuki, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor serta Bupati Humbahas

Editor: Abdi Tumanggor
TRIBUN MEDAN/HO
Presiden Jokowi berikan pesan kepada anak didik dari Pakpak Bharat untuk tetap mengembangkan dan mengasah kemampuan untuk meraih cita-cita. Hal itu saat para anak didik menunjukkan kebolehan cara belajar metode GASING di Kabupaten Humbang Hasundutan. Presiden Jokowi tampak didampingi Menko Marves Luhut Panjaitan, Menteri PUPR Basuki, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, dan Bupati Humabahas Dosmar Banjarnahor, Kamis (3/2/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan menyapa para anak didik SD gabungan dari Kabupaten Pakpak Bharat dan Humbang Hasundutan yang terlibat dalam program GASING (Gampang Asyik Menyenangkan) yang diasuh oleh Prof Yohannes Surya di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumut, Kamis (3/2/2022).

Presiden Joko Widodo didampingi Menko Marves Luhut Panjaitan, Menteri PUPR Basuki, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor serta Bupati Humbahas Dosmar.

Program pendidikan sistem GASING ini untuk meningkatkan SDM di dunia Pendidikan di kawasan Danau Toba, khususnya di Kabupaten Pakpak Bharat dan Humbahas menuju Indonesia Maju 2045.

Presiden Jokowi dan Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard
Presiden Jokowi dan Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard (TRIBUN MEDAN/HO)

Presiden Jokowi tampak antusias melihat anak-anak didik dengan menunjukkan kebolehannya dalam belajar sistem GASING.

Bahkan, Presiden sempat menguji langsung kemampuan berhitung GASING para anak-anak yang telah dilatih selama beberapa waktu lalu di Institute Teknologi DEL.

Deretan angka perkalian, pembagian, penjumlahan dan sebagainya mereka selesaikan dengan sangat cepat dan mudah.

Presiden pun terlihat kagum akan kemampuan anak-anak ini.

Presiden menjelaskan bahwa pentingnya kemampuan berhitung dalam mengasah bakat dan kemampuan serta menggali potensi anak.

"Kembangkan dan asah terus kemampuanmu, raih masa depan dan cita-citamu," ujar Presiden Jokowi berpesan.

Presiden Jokowi pun dalam waktu dekat ini akan mengagendakan turun langsung ke Kabupaten Pakpak Bharat.

Presiden Jokowi dan Murid SD dari Pakpak Bharat
Presiden tampak antusias melihat anak-anak  dengan menunjukkan kebolehannya dalam belajar sistem GASING. (TRIBUN MEDAN/HO)

Anak-anak ini memang telah dilatih, di samping pelatihan teknik berhitung cepat cara Gasing ini, mereka juga dididik disiplin, keterampilan dan juga secara rohani dan berbagai ilmu lainnya.

Prof Yohannes Surya tampak berbincang-bincang dengan Presiden Jokowi.

"Saya pernah ke Papua mengajarkan cara berhitung sistem Gasing ini, dan saya lihat betapa banyak kemajuan yang dicapai si anak dalam kehidupannya kemudian," ujar Prof Yohannes Surya.

"Saya dipesankan oleh Bapak Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Bapak Luhut Binsar Panjaitan agar mengajarkan metode serupa kepada anak-anak di kawasan Danau Toba termasuk Pakpak Bharat," lanjutnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved