Kanker Payudara Habiskan Pembiayaan BPJS Rp 7,6 Triliun, Kasus Kanker Terbanyak di Indonesia

Hari Kanker Sedunia diperingati tanggal 4 Februari setiap tahunnya. Peringatan Hari Kanker Sedunia 2022 mengangkat tema ''Close the Cure Gap''.

Editor: Liston Damanik
Shutterstock
Ilustrasi kanker payudara. 

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Hari Kanker Sedunia diperingati tanggal 4 Februari setiap tahunnya. Peringatan Hari Kanker Sedunia 2022 mengangkat tema ''Close the Cure Gap''.

Saat ini masih terdapat kesenjangan kualitas layanan dalam perawatan pasien sehingga menghambat proses pengobatan. 

''Kalau mau kirim untuk dilakukan radio terapi di Indonesia Timur hanya ada di Surabaya dengan masa tunggu yang lama, ini tentu tidak boleh terjadi lagi, pelayanan kemoterapi, radioterapi ataupun imunoterapi ini harus merata,'' ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengandalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu, dalam Temu Media Hari Kanker Sedunia, beberapa waktu lalu.

Di Indonesia kanker payudara menempati urutan pertama terkait jumlah kanker terbanyak serta menjadi salah satu penyumbang kematian pertama akibat kanker.

Plt Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Elvida Sariwati menuturkan, sekitar 43 persen kematian akibat kanker bisa dikalahkan ketika pasien rutin melakukan deteksi dini dan menghindari faktor risiko penyebab kanker.

''70 persen dideteksi sudah ditahap lanjut. Kalau kita bisa mendeteksi di tahap awal mungkin kematiannya bisa kita tanggulangi,'' kata dia.

Selain angka kematian yang cukup tinggi, penanganan pasien kanker yang terlambat menyebabkan beban pembiayaan yang kian membengkak.

Pada periode 2019-2020, pengobatan kanker telah menghabiskan pembiayaan BPJS kurang lebih 7,6 triliun rupiah.

''Karena deteksinya sudah di ujung, sehingga pembiayaan yang dikeluarkan semakin besar,'' katanya.

Tingginya angka kanker payudara di Indonesia menjadi prioritas penanganan oleh pemerintah, namun demikian bukan berarti penanganan kanker jenis lainnya diabaikan.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved