Breaking News:

Siap Jalani Program Kampus Merdeka, WBI Bekali Mahasiswa dengan Pengalaman di Dunia Kerja

Program Kampus Merdeka yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kini sedang digencarkan oleh setiap kampus di seluruh Indonesia.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Tommy Simatupang
TRIBUN MEDAN / KARTIKA
Foto bersama pihak jajaran akademisi WBI, Wakil Bupati Batubara dalam acara diskusi mengenai kampus merdeka di WBI, Selasa (8/2/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Program Kampus Merdeka yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kini sedang digencarkan oleh setiap kampus di seluruh Indonesia. 

Program ini ditujukan untuk mendorong mahasiswa agar dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan dan merasakan pengalaman selain teori dari jurusannya.

Program ini diharapkan akan mendekatkan mahasiswa, calon lulusan pada industri, dunnia kerja, dunia usaha dan masyarakat. 

Terkait hal ini, Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia (WBI) sedang mempersiapkan untuk memberikan hak merdeka belajar bagi mahasiswa melalui empat kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dalam upaya itu, WBI terus meningkatkan kerjasama dengan industri, dunia kerja, lembaga pemerintah maupun lembaga swadaya masyarakat, untuk menjadi mitra kegiatan MBKM, sebagai tempat para mahasiswa WBI akan mendapatkan pengalaman mengasah ilmu sebelum tamat kuliah.

"Kita langsung memformulasikan model kegiatan Kampus Merdeka yang dicontohkan oleh kementerian dan kita coba implementasi. Sebelum diterapkannya Kampus Merdeka ini, mahasiswa melakukan magang dengan hanya mendapatkan sedikit gambaran pengalaman yang akan diperoleh ataupun passion yang diminati. Maka dengan kegiatan Magang Kampus Merdeka program magang, disusun dengan okupasi dan jobdesknya itu jelas. Pengetahuan, keterampilan dan pengalaman apa yang akan mereka rasakan juga jelas," ungkap Wakil Direktur I Bidang Akademis WBI Aldon Sinaga, Selasa (8/2/2022).

Dengan diterapkannya Merdeka Belajar, para mahasiswa akan dapat memilih empat kegiatan MBKM yaitu Kewirausahaan Mandiri, Magang Bersertifikat, Proyek Penelitian dan Proyek Sosial, pada berbagai mitra sesuai dengan minat dan bidang yang akan mendukung karir dan wirausaha ketika sudah menamatkan kuliah.

"Kita banyak perusahaan industri di Sumut tapi kita belum maksimal coba giring industri untuk bisa lebih menyampaikan bahwa jika mahasiswa kita magang disana, mereka akan mendapatkan pengalaman seperti apa. Pengalaman ini yang akan kita tawarkan ke anak kita. Maksud Kampus Merdeka ini kan merdeka memilih sesuai dengan passionnya," lanjutnya.

Dalam mendukung program Kampus Merdeka ini, WBI turut melakukan diskusi bersama Tribun Medan dan Wakil Bupati Kabupaten Batubara Oky Iqbal Frima.

Mendengar paparan model Kampus Merdeka WBI, Oky turut mengapresiasi program tersebut dan siap untuk melakukan kolaborasi dan kerjasama. Kedepannya ia berharap semakin banyak lulusan asal Sumut yang siap bersaing dalam dunia kerja, lantaran sudah dibekali dengan ilmu yang didapat dari program Kampus Merdeka.

"WBI ini punya program yang luar biasa, yang saya lihat ini menjawab kebutuhan perusahaan sekarang ini. Seperti akuntan, marketing ataupun pebisnis hortikultura. Dengan hadirnya kita ini, Pemkab Batubara bisa bekerjasama dengan politeknik WBI. Pemkab Batubara berharap akan semakin banyak generasi muda Batubara belajar di WBI, dan setelah lulus dapat berwirausaha dan berkarya membangun daerah asalnya," kata Oky.

Program magang Kampus Merdeka WBI dapat diikuti oleh mahasiswa setelah semester 5, yakni semester 6,7, dan 8. Para mahasiswa peserta Kampus Merdeka ini bahkan akan mendapatkan kesempatan hingga satu tahun untuk menggali pengalaman diluar program studi dan diluar institusinya. 

"Semakin cepat kita merumuskan bersama mitra dan cepat kita tawarkan agar anak kita bisa masuk, nanti lulusan tahun 2022 kita optimis lulusan kita ini sudah merasakan program Kampus Merdeka. Nanti bisa kita bandingkan bagaimana kinerja mereka ketika bersaing di dunia kerja," pungkas Aldon.

(cr13/tribun-medan.com)


Keterangan foto/Kartika : Dokumentasi Foto bersama pihak jajaran akademisi WBI, Wakil Bupati Batubara dalam acara diskusi mengenai kampus merdeka di WBI, Selasa (8/2/2022).
 
 
 
Area lampiran
 
 
 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved