Info Kesehatan

Benarkah Balita Bisa Kena Herpes Usai Dicium Orang Dewasa, Begini Penjelasan Dokter

Foto dan video postingan tersebut memperlihatkan seorang balita yang di sekitar mulut dan lidahnya muncul bintik-bintik kecil seperti melepuh.

THE SUN
Dicium Orang Sembarangan, Bayi Terkena Herpes dan Hampir Meninggal (The Sun) 

TRIBUN-MEDAN.com - Sebuah foto dan video yang memperlihatkan seorang balita menderita penyakit Herpes setelah dicium oleh orang dewasa, viral di media sosial.

Kisah itu viral setelah diunggah oleh akun Instagram @tinyhearteducation.

Foto dan video postingan tersebut memperlihatkan seorang balita yang di sekitar mulut dan lidahnya muncul bintik-bintik kecil seperti melepuh.

Dalam unggahan itu juga dijelaskan bahwa seorang ibu di Australia bernama Leah Green menyebut putrinya (balita dalam foto dan video itu) yang berusia 21 bulan mengidap infeksi herpes simpleks oral setelah dicium oleh orang dewasa lainnya.

Akibat herpes simpleks itu, muncullah gejala bintik-bintik kecil di sekitar mulut dan lidah balita tersebut, yang membuat anak itu menjadi susah makan dan kerap menangis karena kesakitan.

"Dengarkan dan pelajari dari pengalaman langsung saya mengapa Anda tidak boleh mencium bayi/anak-anak, terutama jika mereka bukan milik Anda," tulis Leah, dikutip dari Daily Mail.

Lantas, balita kena herpes setelah dicium orang dewasa, benarkah bisa terjadi?

Menjawab persoalan ini, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamon di IORA Dermatology Clinic, Dr Edwin Tanihaha SpKK, MHKes., FKCCS mengatakan bahwa permasalahan seperti yang dialami balita di Australia itu bisa saja terjadi.

Edwin menyebutkan bahwa sebenarnya yang dialami oleh balita putri Leah itu adalah herpes labialis.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved