Breaking News:

HEBOH Syarat Beli Minyak Goreng Wajib Bawa KK dan Kartu Vaksin, Benarkah? Berikut Faktanya

Beredar info viral di medsos tentang syarat pembelian minyak goreng bersubsidi ini. Disebutkan masyarakat wajib bawa fotocopy KK dan kartu vaksin

Editor: Juang Naibaho
Kelangkaan minyak goreng memunculkan isu liar di medsos, di antaranya syarat pembelian wajib bawa fotocopy kartu keluarga (KK) dan kartu vaksin. 

TRIBUN-MEDAN.com - Kelangkaan minyak goreng terus menjadi isu panas di masyarakat.

Kebijakan pemerintah memberlakukan satu harga dengan penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) belum berdampak positif bagi masyarakat.

Alih-alih masyarakat dapat harga murah, minyak goreng justru makin sulit didapatkan.

Jika sebelumnya minyak goreng masih tersedia di pasaran meskipun stok minim dan harga melambung, kini setelah kebijakan satu harga minyak goreng malah makin langka di pasaran.

Tak pelak berbagai isu seputar minyak goreng pun terus bergulir di masyarakat, termasuk di media sosial (medsos).

Terbaru beredar info viral di medsos tentang syarat pembelian minyak goreng bersubsidi ini.

Disebutkan masyarakat wajib bawa fotocopy kartu keluarga (KK) dan kartu vaksin untuk membeli minyak goreng.

Informasi itu beredar dalam bentuk foto rak berisi minyak goreng dan kertas pengumuman yang menyebutkan pembelian minyak goreng bersubsidi harus menunjukkan kartu vaksin.

Gudang produsen minyak goreng di Deliserdang yang ditemukan menumpuk 1,1 juta kilogram minyak goreng yang siap dipasarkan. Satgas Pangan Provinsi Sumatera Utara menemukan tumpukan minyak goreng sebanyak 1,1 juta kilogram di dalam gudang yang merupakan milik dari satu produsen di daerah Deliserdang pada Jumat (18/2/2022). 
Gudang produsen minyak goreng di Deliserdang yang ditemukan menumpuk 1,1 juta kilogram minyak goreng yang siap dipasarkan. Satgas Pangan Provinsi Sumatera Utara menemukan tumpukan minyak goreng sebanyak 1,1 juta kilogram di dalam gudang yang merupakan milik dari satu produsen di daerah Deliserdang pada Jumat (18/2/2022).  (HO)

Baca juga: KELANGKAAN Minyak Goreng, UMKM Sumut Berhenti Berproduksi, Susah Cari Harga Sesuai HET

Dikutip dari Kompas.com, narasi yang dibagikan: Dampak Virus Omicron mengakibatkan Langkanya minyak goreng. Syarat membeli minyak goreng berSubsidi

1. Wajib membawa foto copy kartu keluarga.

2. Membawa bukti vaksinasi.

KEGUNAAN KARTU VAKSIN ADALAH untuk beli Minyak Goreng Hancurmi ibu2kah yg tdk perna d vaksin..nda dpat minyak goreng Narasi-narasi tersebut disertai unggahan foto yang menunjukkan rak berisi minyak goreng, dan sebuah kertas pengumuman yang bertuliskan:
"PERHATIAN !!! Setiap Pembelian Minyak Kelapa Harga Subsidi Wajib Sertakan Fotocopy Kartu Keluarga Dan Bukti Vaksin".

Dalam unggahan foto itu, tidak disebutkan lokasi tempat foto tersebut diambil.

Corporate Communication GM Alfamart Nur Rachman mengatakan, rak minyak goreng dalam foto tersebut bukan rak yang digunakan oleh toko ritel Alfamart.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved