Breaking News:

Medan Zoo

MEDAN Zoo Terpaksa Kurangi Gaji Karyawan imbas Omzet Turun 75 Persen selama PPKM Level 3

Semenjak pemberlakuan PPKM level 3 di kota Medan, destinasi wisata di wilayah kota Medan juga ikut terdampak.

TRIBUN MEDAN/MAURITS
PARA pengunjung melihat aneka ragam satwa yang ditempatkan dalam penangkaran di Medan Zoo beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Semenjak pemberlakuan PPKM level 3 di kota Medan, destinasi wisata di wilayah kota Medan juga ikut terdampak.

Diantaranya ada wisata Medan Zoo, Kecamatan Medan Tuntungan yang mengalami sepi pengunjung.

Berdasarkan pantauan Tribun Medan, Senin (28/2/2022) suasana Medan Zoo tak sepi, terlebih suasana hujan yang terus mengguyur kota Medan juga ikut berdampak pada tingkat pengunjung.

Saat ditemui di lokasi, Manager Medan Zoo, Pernius Harefa mengakui bahwa semasa PPKM level 3 di kota Medan, okupansi pengunjung anjlok hingga 75 persen.

"Setelah ditetapkan pak Wali Kota naik ke level 3 sejak 14 Februari, terjadi penurunan pengunjung termasuk pada hari ini yang masih tanggal merah pengunjung saat ini 388 orang," ungkap Pernius, Senin (28/2/2022).

"Sebelumnya sejak ditetapkan ke level 3, di tanggal merah bisa mencapai 1700an orang. Jadi ini menurun drastis sejak level 3 di bawah 1000 yang hanya sekitar 400an saja," lanjutnya.

Dikatakan Pernius, selama penerapan PPKM level 3 di kota Medan ini, ia mengakui jika pendapatan juga ikut menurun, padahal ada ratusan satwa yang perlu dirawat.

"Satwa kita ini ada aves, reptil, karnivora yang kita total seluruh satwa ada 251 ekor sudah termasuk harimau. Kemarin kita juga dapat bantuan dari masyarakat dan organisasi kepemudaan berupa makanan satwa untuk satu hari yang telah kita terima semalam," tuturnya.

Disebutkan Pernius, untuk dapat memberi makan satwa di Medan Zoo memerlukan biaya hingga Rp80 juta-Rp100 jutaan.

Dengan pendapatan yang anjlok, pihak Medan Zoo juga terpaksa memangkas gaji karyawan agar biaya operasional dapat tertutupi.

"Untuk mensiasati ini, terpaksa operasional lainnya kita pangkas termasuk gaji karyawan. dulunya 50 persen, sejak ada kenaikan Covid-19 sekarang mungkin dipangkas lagi. Nah termasuk biaya kandang mungkin pun termasuk makanan hewan. Kami berharap ada perhatian kepada satwa di Medan Zoo," ucapnya.

(cr13/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved