Polres Labuhanbatu

Antisipasi Luapan Sungai, Kapolsek Kotapinang Datangi Penduduk Sampaikan Imbauan Keselamatan

Mengantisipasi terjadinya luapan air yang bisa menimbulkan kerugian atau bahaya terhadap warga, Kapolsek Kota Pinang monitoring

Editor: Arjuna Bakkara
ISTIMEWA
Mengantisipasi terjadinya luapan air dan bahaya terhadap warga, Kapolsek Kota Pinang Kompol Bambang Hutabarat langsung melakukan monitoring pada Kamis (10/3/2022) dan menamui penduduk bantaran Sungai Barumun. 

Antisipasi Warganya Terendam Luapan Sungai, Kapolsek Kotapinang Datangi Penduduk Sampaikan Imbauan Keselamatan

TRIBUN-MEDAN.COM, LABUHAN BATU -Sungai Barumun di Kota Pinang yang cukup lebar dan memiliki kedalaman yang lumayan bisa berbahaya bagi warga ktika hujan turun lebat secara terus-menerus seperti belakangan ini.

Mengantisipasi terjadinya luapan air yang bisa menimbulkan kerugian atau bahaya lainnya terhadap warga, Kapolsek Kota Pinang Kompol Bambang Hutabarat langsung melakukan monitoring pada Kamis (10/3/2022) sekitar Pukul 10 Pagi bersama bersama instansi terkait.

Kompol Bambang mengatkan, sungai Barumun adalah sungai yang membentang di wilayah hukum polseknya dan ukurannya lumayan lebar dan memiliki kedalaman yang cukup, namun berbahaya bagi warga bila tak waspada luapannya saat hujan turun dengan lebat.

"Namun jika di guyur hujan secara terus menerus di tambah lagi banjir kiriman dari hulu sungai maka debit Air sungai akan naik dan meluap sampai ke bantaran sungai bahkan bisa meluap sampai ke sungai sungai kecil yang ada di sekitarnya merendam beberapa rumah warga masyarakat yang berada di bantaran sungai dengan ketinggian Air 30 s/d 40 cm walau tidak lama akan surut kembali," Kata Kompol Bambang.

Lanjut kapolsek mewaspadai dan terus memantau perkembangan situasi Air sunga dia menempatkan beberapa personil yang bekerjasama dengan pihak BPD labuhan batu selatan yang nantinya akan diplot pada beberapa titik atau lokasi yang dianggap rawan banjir.

"Seperti saat ini ada dua dusun yang terimbas banjir yaitu dusun paya Bamban dan dusun pasir tuntung kecamatan kota pinang kabupaten labuhan batu selatan namun tidak sampai pada tahap yang mengkhwatirkan,"kata Kompol Bambang Hutabarat. 

Pantauan wartawan, saat berada di pemukiman penduduk Kompol Bambang Hutabarat bersama anggotanya terus mantau debit Air di sekitar dusun tersebut sambil sesekali berbincang dengan beberapa warga yang ada di lokasi banjir.

Terpisah kapolres Labuhan batu AKBP Anhar Arlia Rankuti menjawab pertanyaan media mengatakan, di musim penghujan seperti ini ada beberapa wilayah yang rawan banjir yang rata rata banjir kiriman dari hulu sungai tetangga.

Untuk mengantisipasi hal itu, kata AKBP Anhar dia telah berkoordinasi keseluruh Polsek jajaran yang dia pimpin selain ke Polsek Kota Pinang.

"Saya sudah perintahkan para kapolsek jajaran untuk memonitor debit air bagi yang wilayah nya memiliki sungai baik itu sungai besar maupun sungai kecil Kordinasi yang baik dgn semua instansi yang ada di wilayah dan segera menginformasikan kepada saya bila ada perkembangan yang mengarah ke bencana Banjir atau yang lainnya,"kata AKBP Anhar Aaelia Rangkuti. (Jun-tribun-medan.com)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved