Pasien Varian Delta 4 Kali Lebih Berisiko Meninggal Dibandingkan Terpapar Omicron

Menteri Kesehatan mengatakan, pihaknya sudah melakukan penelitian ke beberapa pasien Covid-19 yang meninggal di rumah sakit.

Editor: Liston Damanik
YouTube Sekretariat Presiden
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers terkait Evaluasi PPKM, Senin (3/1/2022). Pemerintah memprediksi puncak Omicron terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 2022. 

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya sudah melakukan penelitian ke beberapa pasien Covid-19 yang meninggal di rumah sakit.

Ia mengatakan, hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien Covid-19 yang terpapar varian Delta 4 kali lebih berisiko meninggal dunia dibandingkan terpapar varian Omicron.

"Kita sudah mengamati bahwa pasien Covid-19 yang terkena varian Delta memiliki 4 kali risiko lebih tinggi untuk meninggal dibanding pasien Omicron," kata Budi dalam konferensi pers secara virtual terkait hasil ratas evaluasi PPKM, Senin (14/3/2022).

Budi mengatakan, salah satu langkah untuk mengurangi pasien Covid-19 dirawat di rumah sakit dan meninggal dunia adalah dengan meningkatkan cakupan vaksinasi, terutama bagi kelompok lansia usia di atas 60 tahun.

Ia meminta masyarakat meyakinkan para lansia untuk mau divaksinasi dosis lengkap dan booster. "Karena sudah terbukti mereka (lansia) adalah orang-orang atau segmen populasi untuk sangat rawan untuk masuk ke rumah sakit dan untuk meninggal," ujarnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, bagi masyarakat yang menerima dosis pertama vaksin Sinovac namun sudah melewati jadwal dosis vaksin kedua selama tiga bulan, bisa mendapatkan vaksin dosis kedua menggunakan jenis vaksin yang tersedia.

"Sekali lagi, kecepatan vaksin akan sangat menentukan perawatan di rumah sakit dan yang wafat. Oleh karena itu, tolong segera divaksinasi, baik itu vaksinasi pertama, vaksinasi kedua, vaksinasi ketiga tanpa memilih jenis vaksinnya," ucap dia. (Kompas.com/Haryanti Puspa Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menkes: Pasien Covid-19 Varian Delta 4 Kali Lebih Berisiko Meninggal Dibandingkan Terpapar Omicron."

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved