Berita Samosir

Pemerintah Pusat Berkomitmen Penuhi Tambahan 30 Tenaga Kesehatan di Kabupaten Samosir

Satu diantara 10 program unggulan pembangunan daerah Kabupaten Samosir, yaitu Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Tommy Simatupang
TRIBUN MEDAN/MAURITS
Bupati Samosir Vandiko Gultom dan Wakilnya Martua Sitanggang memimpin apel perdana, Selasa (27/4/2021). Pada apel kali ini, Vandiko dan Martua turut memperkenalkan diri pada seluruh ASN Pemkab Samosir.(TRIBUN MEDAN/MAURITS) 

TRIBUN-MEDAN.com, SAMOSIR - Satu diantara 10 program unggulan pembangunan daerah Kabupaten Samosir, yaitu Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat melalui Penyediaan Tenaga Medis yang Andal.

Dalam rangka mewujudkan program unggulan tersebut, Plt Kadis Kesehatan menyampaikan usulan tambahan tenaga kesehatan sebanyak 38 orang sesuai kebutuhan.

Seperti dokter umum, dokter gigi, tenaga gizi, bidan, perawat, dan analis tenaga laboratorium medik.

Usulan tersebut disampaikan langsung Plt. Kadis Kesehatan Samosir drg Subarta Sagala pada saat mengikuti pertemuan penyusunan Formasi Penugasan Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat di Bapelkes Kemenkes RI, di Cikarang Jawa Barat beberapa waktu lalu, tepatnya pada Senin (14/3/2022).

Setelah melewati proses diskusi, verifikasi dan validasi yang alot, dari 38 usulan yang disampaikan Pemkab Samosir, Kemenkes RI berkomitmen menambah 30 kuota tenaga kesehatan di Kabupaten Samosir, atau sebesar 79 persen dari total usulan.

“Program Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes RI melalui penugasan khusus tenaga kesehatan berbasis tim dengan jumlah dan jenis tertentu guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan di daerah,” ujar Plt Kadis Kesehatan drg Subarta Sagala pada Kamis (17/3/2022) .

Selanjutnya, ia menjelaskan soal pembiayaan; gaji dan tunjangan yang diperoleh oleh setiap nakes.

“Peserta tim nusantara adalah mereka yang sudah melewati proses administrasi dan seleksi oleh Tim Kementerian Kesehatan dan pembiayaan nakes; gaji dan tunjangan dibiayai oleh anggaran Kementerian Kesehatan RI, dimana nakes tersebut akan mulai bekerja pada bulan April tahun ini,” sambungnya.

“Semoga dengan penambahan 30 tenaga kesehatan tersebut, membantu memberikan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Samosir, sekaligus mewujudkan viisi Kabupaten Samosir yaitu terwujudnya masyarakat Samosir yang sejahtera dan bermartabat, sejahtera secara ekonomi, kesehatan dan pendidikan,” pungkasnya.

(cr3/tribun-medan.com)

 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved