Berita Toba Terkini

KENDATI Angka Terkonfirmasi Positif di Toba Terus Meningkat namun Angka Kesembuhan juga Terus Naik

Plt Kadis Kominfo Toba Sesmon Butarbutar menjelaskan bahwa jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Toba berada pada angka 191 kasus.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Randy P.F Hutagaol
TRIBUN MEDAN
Petugas medis saat menyuntikkan vaksin kepada penerima vaksin di halaman kantor DPRD Kabupaten Toba, Rabu (10/3/2021).(TRIBUN MEDAN/MAURITS) 

Angka Terkonfirmasi Positif di Toba Terus Menaik, Angka Kesembuhan pun Menaik

TRIBUN-MEDAN.com, Toba - Angka terkonfirmasi positif Covid-19 alami kenaikan di Kabupaten Toba hingga saat ini. Pada data terakhir, Sabtu (19/3/2022) diperlihatkan, angka terkonfirmasi positif Covid-19 menaik sebanyak 4 kasus.

Sementara itu, angka kesembuhan juga menaik sebanyak 28 orang.

Plt Kadis Kominfo Toba Sesmon Butarbutar menjelaskan bahwa jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Toba berada pada angka 191 kasus.

"Pada data terakhir, Sabtu (19/3/2022), angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Samosir sebanyak 191 kasus. Angka kesembuhan meningkat walau angka terkonfirmasi positif yang baru selalu ada," ujar Sesmon Butarbutar pada Minggu (20/3/2022).

Soal penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Toba, pihak Pemkab Toba telah menyediakan isolasi terpadu (isoter) yang berada di Rusunawa II IT Del, Laguboti setelah bekerjasama dengan pihak Yayasan IT Del.

Mulai hari Senin (21/2/2022), tempat isolasi terpadu akan beroperasi kembali. Karena penyediaan isoter di Gedung Rusunawa II IT Del, Bupati Toba Poltak Sitorus mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Del atas kesediaan dan kesiapan pihak Del, untuk penggunaan kembali Gedung Rusunawa II IT Del di Laguboti sebagai tempat Isolasi Terpadu (Isoter) Kabupaten Toba.

Hal ini dikatakan Bupati Poltak Sitorus pada acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama yang dilaksanakan di Ruang Rapat IT Del, Laguboti, Sabtu (19/2/2022).

Isoter ini ,pada tahun 2021 lalu sudah pernah digunakan Pemkab Toba dalam perawatan warga Toba yang pasien Covid-19 dengan bergejala ringan atau tanpa gejala.

Rektor IT Del Arnaldo Maruli Tua Sinaga menyambut dengan sangat terbuka dan baik kerjasama ini, dimana Gedung Rusunawa II akan difungsikan kembali sebagai tempat isoter mulai hari Senin, (21/2/2022).

Bupati Poltak Sitorus juga mengingatkan Camat dan Kepala Desa, melalui Dinas PMD PPA Toba , agar memberikan data yang valid, dalam memberikan data warganya masing-masing, guna percepatan vaksinasi, serta mengedukasi warga agar tidak takut divaksin.

Sementara Kapolres Toba, AKBP Akala Fikta Jaya menambahkan, agar pasien terpapar Covid-19 dapat dirawat di tempat Isoter, dan bukan isolasi mandiri di rumah.

Sebab, pasien Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah, tidak diawasi, dan masih berkumpul dengan anak dan keluarga mereka.

Pasien terpapar Covid-19 juga diminta untuk tidak enggan dirawat di isoter, sebab isoter adalah tempat perawatan yang nyaman untuk ditempati.

“Isoter memiliki fasilitas laundry. Diberikan juga makanan, minuman, puding, kue basah dan bandrek,” ujar Bupati Toba Poltak Sitorus.

“Dari Dinas Kesehatan Kabupaten Toba akan disiagakan tenaga kesehatan, supir, dan ambulans di Gedung Isoter,” sambungnya.

TNI, Polri, dan Satpol PP dengan Satuan Pengamanan dari Del, juga akan membantu urusan penjagaan dan keamanan.

Angka pasien Covid-19 di Toba akhir-akhir ini terus meningkat.

(cr3/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved