Breaking News:

Kopi Simalungun

Sudah Sampai Beijing, Kini Kopi Simalungun Bakal Ditawarkan ke KTT G20 Indonesia

Bank Indonesia akan berupaya turut membangkitkan produk kopi Simalungun dengan cara ditawarkan di KTT G20 Indonesia

Penulis: Alija Magribi | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo mencicipi Kopi Simalungun yang dihidangkan pada Siantar-Simalungun Cofee Festival di Parapat, Sabtu -Minggu (19-20/3/2022) TRIBUN MEDAN - ALIJA MAGRIBI 

TRIBUN-MEDAN.COM,SIANTAR- Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo melakukan kunjungan kerjanya ke Parapat, Kabupaten Simalungun selama dua hari, Sabtu-Minggu (19-20/3/2022).

Ia meninjau langsung perkembangan sejumlah UMKM binaan khususnya komoditas kopi, dan potensi ditawarkan pada KTT G20 Indonesia.

Dody menyampaikan, komoditas kopi harus didudukkan sebagai sektor unggulan untuk kemajuan ekonomi daerah.

Khusus untuk Sumatera Utara, kopi lokal telah menyumbang 25-30 persen dari volume ekspor kopi nasional, dan kontribusi itu terus dikembangkan.

Baca juga: WARNING! Ini Daftar Merek Kopi Saset Mengandung Paracetamol dan Sildenafil, BPOM Ungkap Bahayanya

“Ada 1600 UmKm di UMKM yang kami bina dan kembangkan, sebagian bergerak di sektor kopi. UMKM ini ditargetkan tidak boleh hanya berada di pasar domestik, tetapi harus naik ke UMKM digital hingga menjadi UMKM ekspor,” kata Dody. 

Dody menyampaikan, saat ini kopi Simalungun sudah masuk ke Beijing, China, melalui kantor Kpw Bank Indonesia dan KBRI di sana. 

Oleh sebab itu, masalah kualitas, kuantitas dan keberlanjutan produksi secara baik harus dipedomani oleh UMKM lokal.

Mantan Kepala Departeman Perencanaan Strategis dan Humas BI ini menyampaikan beberapa pesan agar UMKM kopi bisa naik kelas, dan memiliki daya tarik oleh negara-negara G20, di mana pada tahun 2022 diselenggarakan di Indonesia dengan beberapa event.

“Pertama, berkolaborasi dan sinergi antara buyer dengan petani kopi. Kedua adalah bentuklah branding dan telling story. Dan yang ketiga adalah, kita harus masuk ke isu hijau. Kegiatan ini harus dilakukan dengan sifatnya yang organis. Apapun produsen dan konsumen adalah ke arah hidup sehat. Itu paling dicari,” ucap Dody.

Baca juga: Tak Heran Narji Beristri Pramugari, Inilah Kode Rahasia Pramugari Naksir Penumpang: Kopi Panas

Nantinya, dalam KTT G20, sebanyak 20 negara anggota dan sejumlah tamu negara lain akan diundang ke Indonesia. Pertemuan ini harus memberikan peluang bagi penggerak komoditas kopi menunjukkan produknya. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved