Breaking News:

Sindikat Narkoba

Beli 2 Kg Sabu dari Oknum Polisi Militer Kodam I/Bukit Barisan, Hantu Divonis 17 Tahun Penjara

Pemuda yang beli 2 Kg sabu dari oknum Polisi Militer Kodam I/Bukit Barisan divonis 17 tahun

Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN / GITA
Kepergok transaksi sabu dengan oknum TNI, dua warga Sawang Aceh Aris Munandar, Nauval Haikal dituntut masing-masing 20 tahun penjara di Pengadilan Negeri Medan, Rabu (2/3/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN- Sekelompok pemuda yang tertangkap tangan membeli 2 Kg sabu dari Abdullah, oknum Polisi Militer (PM) Kodam I/Bukit Barisan  divonis 17 tahun penjara.

Adapun mereka yang divonis hakim diantaranya Aris Munandar, Nauval Haikal, Muhammad Hoyan alias Hantu dan Izzal.

"Menjatuhkan para terdakwa dengan pidana penjara masing-masing selama 17 tahun, denda Rp 1 miliar apabila tidak dibayar diganti 6 bulan penjara," kata hakim ketua Mohammad Yusafrihadi Girsang, saat membacakan vonis terdakwa Aris dan Nauval, Selasa (22/3/2022).

Menurut hakim, adapun hal yang memberatkan para terdakwa, perbuatan mereka tidak mendukung program pemerintah memberantas tindak pidana narkotika.

Baca juga: Diduga Depresi, Oknum TNI di Maluku Ngamuk dan Tembak 2 Temannya, 1 Anggota Brimob Tewas

"Adapun hal meringankan para terdakwa masih muda, belum pernah dihukum, bersikap sopan di persidangan dan mengakui terus terang perbuatannya," ucap hakim.

Majelis hakim menilai, perbuatan para terdakwa telah memenuhi unsur bersalah sebagaimana diatur dan diancam dalam pasal 114 Ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (1) UU No 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) David, yang sebelumnya meminta agar masing-masing terdakwa dijatuhi hukuman 20 tahun, denda Rp 800 juta, subsidar 6 bulan penjara.

Diketahui, dalam dakwaan JPU disebutkan, pengungkapan bisnis sabu yang melibatkan oknum Pomdam I/Bukit Barisan ini berawal pada Sabtu 31 Juli 2021.

Sekira pukul 09.00 WIB, petugas Sat Res Narkoba Polrestabes Medan menggerebek kamar nomor 211 Hotel Serena Anggrek di Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan.

Baca juga: Jual 1 Kg Sabu, Anggota Kodam I/BB yang Bertugas di Denpom I/5 Dibekuk Polrestabes Medan

"Penggerebekan tersebut berdasarkan informasi dari masyarakat, yang menginformasikan bahwa akan ada transaksi sabu di lokasi.

Kemudian, pada saat dilakukan penggerebekan, ditemukan empat orang laki-laki, dan ada juga ditemukan timbangan elektrik, serta bungkusan plastik kosong," kata JPU David, Selasa (18/1/2022).

Adapun keempat laki-laki itu yakni Aris Munandar, Nauval Haikal (diadili berkas terpisah) terdakwa Muhammad Hoyan alias Hantu dan terdakwa Izzal.

Saat penggerebekan berlangsung, tiba-tiba handphone salah satu pelaku berdering.

Petugas kemudian memerintahkan pemilik HP untuk menyalakan loudspeaker.

Baca juga: Aksi Arogan Oknum TNI AL Pukul Driver Ojol dan Anaknya, Gegara Masalah Ini

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved