Breaking News:

Bupati Dairi Dukung LKPP Kembangkan e-Katalog dan Toko Daring untuk Produk Lokal

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengapresiasi Katalog Elektronik (e-katalog) dan toko daring yang dikembangkan

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengapresiasi Katalog Elektronik (e-katalog) dan toko daring yang dikembangkan 

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengapresiasi Katalog Elektronik (e-katalog) dan toko daring yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/jasa Pemerintah (LKPP) untuk kemajuan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Bupati Dairi bahkan sudah menginstruksikan seluruh jajaran memanfaatkan momentum ini sebagai peluang emas meningkatkan pemasaran produk UMKM Dairi.

"Menindaklanjuti arahan bapak Presiden Joko Widodo meningkatkan belanja produk dalam negeri untuk kemandirian ekonomi bangsa melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia saya telah menginstruksikan seluruh jajaran memanfaatkan momentum ini sebagai peluang emas meningkatkan pemasaran produk UMKM Dairi," kata Eddy Berutu kepada perwakilan Tim Implementasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kabupaten Dairi, Kamis (24/3/2022) di Jakarta.

Rapat tersebut dipimpin Sekretaris Daerah Budianta Pinem saat mengikuti Business Matching Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah se Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Perindustrian 22- 24 Maret 2022.

Kegiatan tersebut menggandeng Lembaga Kebijakan Pengadaan pemerintah (LKPP) mengembangkan e Katalog Lokal yang difasilitasi Pemerintah Daerah.

Menurut Bupati Eddy Berutu, Kementerian Perindustrian mempersyaratkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 40 persen pada produk produk yang dibeli pemerintah. 

Lalu, menargetkan realisasi belanja produk ini sebesar 40 persen dari seluruh belanja produk kebutuhan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

"E-katalog lokal merupakan pemberdayaan produk dan jasa UMKM di daerah untuk memenuhi kebutuhan pemerintah daerah, melalui kebijakan ini maka produk UMKM memiliki kesempatan bersaing secara adil dengan kesempatan dipasarkan sampai  level nasional," katanya.

Dijelaskannya, hal ini merupakan tugas dan tantangan Pemerintah Daerah memfasilitasi dan membina UMKM lokal untuk memiliki daya saing serta keunggulan spesifik.

"Saya melihat arahan Presiden ini sebagai terobosan menopang kemandirian ekonomi yang dicita-citakan, sehingga perlu gerakan cepat menyusun langkah-langkah implementasi untuk peningkatan ekonomi daerah berbasis produk/jasa IKM/UMKM," katanya.

Bupati juga menyampaikan terimakasih kepada presiden Jokowi dan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan yang telah meletakkan tonggak sejarah keberpihakan pemerintah terhadap produk lokal untuk kedaulatan ekonomi lokal.

"Untuk itu seluruh OPD pemerintah Kabupaten Dairi segera  mengidentifikasi dan memfasilitasi penyerapan produk produk lokal khususnya belanja rutin," jelasnya.

Bupati Dairi menginstruksikan upaya penyerapan produk lokal ini disertai dengan pembinaan yang berkelanjutan mencakup permodalan, peningkatan kualitas serta peningkatan manajerial unit unit UMKM sehingga menunjukkan kinerja pertumbuhan usaha yang menyumbang pertumbuhan ekonomi daerah.

"Pemerintah Kabupaten Dairi berkomitmen belanja produk dalam negeri," tukasnya.

(Cr7/Tribun-Medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved