Berita Sergai

104 CPNS Ikut Pelatihan Dasar, Bupati Sergai: Jangan Cengeng

Bupati Sergai, Darma Wijaya meminta agar para CPNS tidak cengeng. Pesan itu disampaikan saat pelatihan dasar

Penulis: Muhammad Anil Rasyid | Editor: Array A Argus
HO
Bupati Sergai, Darma Wijaya saat melakukan pelaksanaan pelatihan dasar (Latsar) tahun 2022 bagi CPNS di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sergai tahun 2019, di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (13/4/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM,SERGAI - Bupati Sergai, Darma Wijaya membuka pelatihan dasar (Latsar) tahun 2022 bagi CPNS di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sergai tahun 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah. 

Di hadapan 104 orang CPNS, pria yang kerap di sapa Bang Wiwik ini menitipkan banyak pesan penting, terutama soal keinginan melakukan perubahan. 

"Tanpa keinginan untuk mengubah diri sendiri menjadi lebih baik, maka perubahan lain tidak akan terjadi. Saya juga berpesan agar kalian nantinya jangan jadi PNS yang cengeng. Berikan kinerja yang terbaik," ujar Darma, Rabu (13/4/2022). 

Baca juga: Bupati Deliserdang Liburkan Semua ASN pada Momen Pelaksanaan Pilkades 18 April 2022

Bupati Sergai ini juga mengatakan, jika penerimaan CPNS saat ini murni karena menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

"Tidak ada lagi yang namanya deking atau uang sogokan. Yang diperlukan untuk lulus adalah kepintaran, ketekunan dan keinginan mau belajar, serta yang tak kalah penting, berdoa kepada Allah SWT," ujar Darma. 

Untuk itu, Darma menambahkan kepada para CPNS yang hadir agar menjadi corong sosialisasi kepada masyarakat supaya tidak lagi percaya terhadap setiap iming-iming yang menjanjikan kelulusan dengan syarat sejumlah biaya.

Selanjutnya, Darma menyebut pelaksanaan Latsar ini berdasarkan peraturan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Nomor 1 Tahun 2021.

Baca juga: Sebelum Ramadan, Bupati Sergai Lantik 13 Pejabat Eselon III dan 102 Eselon IV, Ini Namanya

Ia memaparkan, tujuan dari kegiatan ini adalah membentuk ASN yang profesional lewat pembentukan sikap dan perilaku disiplin PNS, nilai-nilai dasar PNS, kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, dan tak kalah penting adalah kompetensi teknis dalam bidang tugas masing-masing, yang menjadi pondasi dalam melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan masyarakat.

"Latsar ini tujuannya bukan sekadar menghilangkan huruf 'C' dari 'CPNS'. Namun yang jauh lebih penting, kegiatan ini adalah proses untuk mencetak tunas baru dalam proses pembentukan karakter ASN yang berkualitas dan mampu membangun jejaring kerja. Tentunya ini juga akan mendukung terwujudnya birokrasi yang responsif dan kelas dunia," ujar Darma. 

"Semoga hasil dari Latsar ini menjadikan kalian sebagai ASN yang bisa menciptakan Birokrasi Dambaan yang melayani dengan sikap, perhatian dan perlakuan yang prima," ujar Darma. (cr23/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved