Breaking News:

News Video

BPOM Sidak Pedagang Takjil di Asahan dan Tanjungbalai, Tidak Ditemukan Zat Terlarang

Loka Pengawasan Obat dan Makanan(POM) Tanjungbalai melakukan inspeksi mendadak terhadap para pedagang takjil di Jalan Listrik

Penulis: Alif Al Qadri Harahap | Editor: Fariz

TRIBUN-MEDAN.com, TANJUNGBALAI - Loka Pengawasan Obat dan Makanan(POM) Tanjungbalai melakukan inspeksi mendadak terhadap para pedagang takjil di Jalan Listrik, Kota Tanjungbalai.

Ada 35 sampel takjil yang diambil oleh BPOM Tanjungbalai yang mana 15 sampel dari Jalan Suprapto, dan 20 sampel lainnya diambil dari Jalan Listrik.

Kalok POM Tanjungbalai, Denny Purba mengaku 35 sampel yang diambil di Kota Tanjungbalai aman untuk dikonsumsi. Dimana 35 sampel tersebut dilakukan empat tes, diantaranya Formalin, Boraks, Methanil Yellow, dan Rhodamin.

"Seluruhnya aman untuk di konsumsi dan terbebas dari zat berbahaya," kata Denny, Kamis(14/4/2022).

Selain di Tanjungbalai, Loka POM Tanjungbalai juga telah melakukan uji sampel di Kisaran Kabupaten Asahan, dan tidak ditemukan ada makanan yang mengamuk zat berbahaya.

"Sejauh ini, dua kabupaten dan kota yang kami ambil sampel belum ditemukan adanya zat berbahaya yang ada di dalam makan," katanya.

Ia juga mengatakan, uji tes kelayakan makanan ini akan dilakukan secara berkala dengan menggunakan mobil laboratorium milik Pom.

"Sehingga setiap minggu kami akan melakukan tes disini, agar tidak ada barang atau zat terlarang dicampurkan kedalam makanan," katanya.

Selain itu, POM Tanjungbalai juga melakukan edukasi kepada para pedagang terkait barang apa saja yang tidak bisa di campurkan ke makanan atau tidak boleh dikonsumsi oleh tubuh.

"Kami juga bekerja sama dengan dinas kesehatan Kota Tanjungbalai, menghimbau kepada para pedagang agar tidak mencampur dagangannya dengan barang atau zat berbahaya untuk di konsumsi," katanya.

Ia berharap agar masyarakat berbelanja makanan dengan aman dan baik dikonsumsi selama bulan Ramadan.

(cr2/www.tribun-medan.com).

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved