Meme Sri Mulyani Indrawati Soal THR Beredar di Media Sosial, Ini Tanggapan Sang Menteri Keuangan

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengaku kerap mendapatkan kiriman meme yang membahas tentang THR untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

Istimewa
Meme THR Menteri Keuangan Sri Mulyani beredar di media sosial. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengaku kerap mendapatkan kiriman meme yang membahas tentang THR untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

Meme Sri Mulyani soal tunjangan hari raya (THR) itu beredar di media sosial belum lama ini.

Sri Mulyani pun mengunggah salah satu meme tentang THR di akun Instagram miliknya, @smindrawati, Selasa (19/4/2022).

Dalam meme yang menampilkan sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang berbincang dengan Sri Mulyani itu, keduanya dibuat seolah-olah sedang membicarakan perihal waktu pencairan THR. "Sri... apakah uang THR harus bisa cair minggu ini?" tanya Jokowi dalam meme tersebut.

"Sudah Pak, yang didahulukan orang Depok," timpal Sri Mulyani.

Meme tersebut ditanggapi Sri Mulyani. Dia mengatakan, orang Indonesia memang cukup kreatif dan jenaka.

Sri pun menekankan bahwa THR akan mulai cair pada 10 hari sebelum hari raya Idul Fitri 1443 H.

"Pencairan THR rencananya dimulai pada H-10 (10 hari sebelum hari raya Idul Fitri). (THR) diharapkan bisa mendorong kegiatan ekonomi rakyat. Belanjakan untuk produk Indonesia," tulis Sri Mulyani.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (19/4/2022), melalui caption pada unggahannya, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menjelaskan, Presiden Jokowi telah menetapkan aturan pemberian THR dan gaji ke-13 untuk ASN tahun ini dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022.

Sri Mulyani secara rinci menyebutkan, THR tahun 2022 diberikan kepada seluruh aparatur negara, termasuk TNI, Polri, serta pensiunan, yang terdiri dari aparatur negara di pusat sekira 1,8 juta pegawai, aparatur negara di daerah sekira 3,7 juta pegawai, dan pensiunan sekira 3,3 juta orang.

Kebijakan pemberian THR pun telah diatur dalam APBN Tahun Anggaran 2022.

Anggaran THR dan gaji ke-13 sudah dialokasikan dalam pos anggaran kementerian atau lembaga sebesar Rp 10,3 triliun untuk ASN Pusat, TNI, dan Polri.

Sementara itu, untuk ASN daerah yang mencakup pegawai negeri sipil daerah (PNSD) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), akan digelontorkan dari dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp 15 triliun.

Anggaran THR untuk ASN di daerah dapat ditambahkan dari APBD Tahun Anggaran 2022 sesuai kemampuan fiskal masing-masing pemerintah daerah dan sesuai ketentuan yang berlaku.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved