Bupati Radiapoh Siap Ekspor Kekayaan Sumber Daya Alam Simalungun ke Daerah Lain

BUPATI RHS tahu betul dengan potensi dan kekayaan yang dimiliki tanah kelahirannya. Bupati RHS bersama rombongan bertemu dengan Wali Kota Batam

Editor: Ismail
Istimewa
Bupati RHS bersama rombongan bertemu dengan Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi, S.E., M.M, Senin (18/1/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - BUPATI RHS tahu betul dengan potensi dan kekayaan yang dimiliki tanah kelahirannya. Bupati RHS bersama rombongan bertemu dengan Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi, S.E., M.M, Senin (18/1/2022). Tujuan kedatangan Bupati utamanya membuka jaringan perdagangan Kabupaten Simalungun dengan Kota Batam.

“Batam, sebagai kota industri yang membutuhkan sembako dengan porsi besar. Kita (Kabupaten Simalungun) memiliki potensi untuk mempersiapkan kebutuhan tersebut,” kata Bupati Selasa (18/01/2022).

Jalur perdagangan antarkedua wilayah tersebut dibicarakan secara komprehensif. Bupati RHS menyampaikan, ke depan Kadin Simalungun dapat membangun kerjasama dengan Kadin Kota Batam untuk menindaklanjuti hasil pembicaraan dengan Wali Kota Batam.

“Kerjasama itu dalam kaitan tindaklanjut agar pertemuan yang sudah terbangun, tidak hanya sebatas seremonial. Tapi dapat berkelanjutan. Membicarakan masalah teknis, meminimalisir biaya produksi, baik dari tansport/pengiriman, juga untuk memperbaiki packaging,” kata Bupati.

Sebagai informasi, Kota Batam harus memenuhi kebutuhan beras dengan melakukan impor atas kebutuhan tersebut. Bila ditaksir, nilai kebutuhan beras masyarakat Kota Batam menghabiskan sekitar Rp 28 miliar.

Menurut Bupati, pengusaha Simalungun harus melakukan gerakan konkrit untuk kerjasama ke depan. Memperhatikan Kota Batam yang tidak memiliki RTRW pertanian, sehingga sangat baik ke depan kalau kerjasama dengan Simalungun ini bisa terbangun.

Selanjutnya, untuk kebutuhan kedelai per hari 100 s/d 200 karung dengan isi 50 kg atau sekitar 10 ton per hari. Harga per karung Rp 550.000 atau Rp10.500 per Kg.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved