Ini Delapan Kabupaten/Kota di Sumut tak Lagi Bisa Tonton Siaran TV Pakai Antena Per 30 April 2022

Di Provinsi Sumatera Utara per 30 April 2022 ada delapan kabupaten/kota yang tidak lagi bisa mengakses siaran TV analog atau pakai antena biasa.

pixabay
Televisi Tua 

TRIBUN-MEDAN.COM - Di Provinsi Sumatera Utara per 30 April 2022 ada delapan kabupaten/kota yang tidak lagi bisa mengakses siaran TV analog atau pakai antena biasa.

Adapun delapan kabupaten/kota itu yakni Kabupaten Karo, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Asahan, Kabupaten Batubara, Kota Pematangsiantar, Kota Tanjungbalai, Kabupaten Dairi, dan Kabupaten Pakpak Bharat

Migrasi siaran TV analog ke TV digital tahap pertama akan rampung pada 30 April mendatang.

Pada tahap pertama ini mencakup 116 kabupaten/kota yang meliputi 56 wilayah siaran.

Migrasi siaran TV analog ke TV digital atau Analog Switch Off (ASO) dibagi menjadi tiga tahap.

Siaran TV analog pada tahap pertama akan dimatikan paling lambat pada 30 April 2022, sedangkan tahap akhir akan dilakukan selambat-lambatnya pada 2 November 2022.

Tahap pertama ini jumlah wilayah yang akan akan terdampak migrasi TV analog ke digital adalah yang paling banyak.

Daerah yang terdampak meliputi di sebagian Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

Tahapan ASO sendiri diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) Kominfo Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran, termasuk soal wilayah dan jadwal penghentian.

Pemerintah melalui Kementerian Kominfo dan operator terkait sudah menyiapkan beragam infrastruktur penunjang ASO seperti transmitter atau pemancar dan hal teknis lainnya.

Namun, kesiapan masyarakat juga diperlukan dalam migrasi siaran TV analog ke digital, yaitu dalam hal ketersediaan STB.

Untuk itu, Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kominfo, Ismail, mengimbau agar masyarakat bergegas membeli Set Top Box (STB), yaitu alat mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan pada TV analog.

Selain itu, melalui halaman siarandigital.kominfo.go.id, Kementerian Kominfo juga memberikan perincian 116 kabupaten/kota di 56 wilayah yang tidak akan lagi bisa menonton siaran TV dengan antena biasa per 30 April mendatang.

Berikut ini adalah wilayah yang tidak bisa lagi menikmati siaran TV biasa pada 30 April 2022:

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved