Kasus OTT Bupati Bogor, KPK Amankan 12 Orang dan Uang Pecahan Rupiah

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri menyebut pihaknya mengamankan 12 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di wilayah Jawa Barat, Selasa (26/4/2022).

Instagram/ademunawarohyasin
Ade Yasin, Bupati Bogor. (Instagram/ademunawarohyasin) 

TRIBUN-MEDAN.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri menyebut pihaknya mengamankan 12 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di wilayah Jawa Barat pada Selasa (26/4/2022) malam.

Mereka yang diamankan tim KPK di antaranya adalah Bupati Bogor Ade Yasin, pejabat dan ASN Pemkab Bogor serta sejumlah pegawai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Sampai dengan saat ini, KPK mengamankan 12 orang di antaranya Bupati Bogor, beberapa orang pejabat dan ASN Pemkab Bogor serta beberapa pihak dari BPK perwakilan Jabar," ujar Ali Fikri, Rabu (27/4/2022).

"Saat ini seluruh pihak masih dilakukan pemeriksaan dan klarifikasi secara maraton di Gedung Merah Putih KPK," ujar dia.

Baca juga: Bupati Bogor Ade Yasin Diduga Terlibat Suap Pengurusan Laporan Keuangan Pemkab

Ali menyampaikan, penangkapan Ade Yasin dilakukan terkait dugaan adanya tindak pidana korupsi pemberian dan penerimaan suap di wilayah Jawa Barat.

"Terkait dugaan suap pengurusan temuan laporan keuangan Pemkab Bogor," kata Ali.

Sambung Ali, dalam kegiatan OTT tersebut, tim KPK juga menemukan sejumlah uang dalam pecahan rupiah yang jumlahnya masih terus dihitung oleh penyidik.

Dijelaskan Ali Fikri, uang yang ditemukan dan diamankan tim KPK itu juga akan dikonfirmasi kembali kepada pihak-pihak yang ditangkap.

"Perkembangan akan kembali disampaikan," kata Ali.

Terpisah, Ketua KPK Firli Bahuri menjamin penangkapan yang dilakukan terhadap Bupati Bogor Ade Yasin sesuai dengan asas-asas tugas pokok KPK.

"Kita bekerja sesuai asas-asas pelaksanaan tugas pokok KPK. Tidak akan pernah terjadi KPK menersangkakan seseorang sebagai tersangka tanpa kecukupan bukti," ujar Firli.

Selain itu, kata Firli, KPK juga telah berkoordinasi dengan BPK setelah menangkap sejumlah pegawai lembaga pemeriksa keuangan tersebut.

Firli tidak menjelaskan secara terperinci koordinasi apa yang dilakukan.

Baca juga: Pesan Bupati Ade Yasin Sebelum Diciduk KPK, Ingatkan Teladan, Kakaknya Lebih Dahulu Terjerat Kasus

Ketua KPK itu meminta masyarakat bersabar dan memberikan KPK waktu untuk mendalami pekara tersebut.

"Kami sedang berkordinasi untuk penjelasan bersama dengan lembaga tempat oknum tersebut bekerja," kata Firli.

"Mohon kesabarannya sehingga para penyidik KPK dapat menemukan seluruh alat bukti yang diperlukan untuk menetapkan seorang tersangka," ucap dia.

(Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 12 Orang Termasuk Bupati Bogor Ade Yasin Ditangkap, KPK Lakukan Pemeriksaan Maraton

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved