Berita Taput

Kebakaran di Kecamatan Purbatua Taput, Pemilik Rumah Alami Luka Bakar Sekujur Tubuh

Kebakaran terjadi di Dusun Bonani Onan, Desa Parsaoran Janjiangkola, Kecamatan Purbatua, Kabupaten Tapanuli Utara, Jumat (29/4/2022). 

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Tommy Simatupang
HO
Terjadinya kebakaran, yang menghanguskan satu pintu rumah semi permanen pada Jumat ( 29/4/2022) sekitar pukul 17.00 wib di Dusun Bonani Onan, Desa Parsaoran Janjiangkola, Kecamatan Purbatua, Kabupaten Tapanuli Utara. 

TRIBUN-MEDAN.com, TAPANULI UTARA - Kebakaran terjadi di Dusun Bonani Onan, Desa Parsaoran Janjiangkola, Kecamatan Purbatua, Kabupaten Tapanuli Utara, Jumat (29/4/2022). 

Kebakaran ini terjadi akibat bocornya gas elpiji 3 kg saat memasak teh. 

Api menghanguskan satu pintu rumah semi permanen.

Kasi Humas Polres Taput Aiptu Walpon Baringbing mengatakan pemilik rumah bernama Adi Panggabean (29).

"Dari hasil interogasi kita kepada pemilik rumah, penyebab peristiwa tersebut terjadi, saat istrinya Lina Sitompul memasak teh di dapur menghidupkankan kompor gas, tiba-tiba api menyala dari kepala gas elpiji tersebut," ujar Aiptu Walpon Baringbing, Minggu (1/5/2022).

Baca juga: MOTOGP - Jadwal Siaran Langsung Race MotoGP Spanyol 2022, Francesco Bagnaia Rebut Pole Position

Baca juga: Jelang Idul Fitri 1443 H, Rutan 1 Medan Pastikan Kondisi Aman dan Nyaman bagi Warga Binaan

Setelah melihat demikian, lalu istrinya memanggil Suaminya AP ke ruangan tengah.

Setelah tiba di dapur, AP melihat api sudah menjalar membakar dinding dapur.

"AP menyuruh istrinya agar membawa anak-anak nya keluar rumah, sedangkan dia berusaha mematikan api. AP berusaha mengangkat gas tersebut dan melemparkannya ke Bak kamar mandi agar tidak sampai meledak," terangnya.

"Sayang, usahanya pun tidak sepenuhnya berhasil, dimana setelah api dari gas mati di bak kamar mandi, api yang membakar dingding dapur semakin membesar," lanjutnya.

Setelah melihat hal demikian, lalu AP pun keluar rumah dan meminta tolong kepada tetangga sekitar.

Bantuan warga sekitar pun berdatangan dan berusaha mengeluarkan barang-barang korban dari rumah, sedangkan sebagian lagi warga memadamkan api dengan menyiram pakai air.

"Kerja keras masyarakat sekitar memadamkan api dengan menyirami pakai air apa adanya, api pun tidak bisa mati dan bahkan semakin membesar," ungkapnya.

Setelah sekitar 40 menit kemudian, Mobil Damkar Pemkab pun tiba lalu api bisa dipadamkan namun rumah korban sudah sempat hangus.

"Atas peristiwa tersebut, AP selaku pemilik rumah mengalami luka-luka bakar di sekujur tubuh karena sampai ikut terbakar saat sempat berusaha mengangkat gas elpiji tersebut membuang nya ke bak kamar mandi dan api pun turut membakarnya," sambungnya.

"Saat ini AP masih dalam perawatan di Rumah Sakit Daerah Tarutung untuk pengobatan. Sedangkan peristiwa tersebut masih dalam penangan Tim Inafis kita," pungkasnya.

Baca juga: Mulan Jameela Ajak 2 Anak dari Mantan Suami Salat Tarawih di Masjid Agung, Ini Kata Umi Pipik

Baca juga: Tingkatkan Literasi Andikpas, Perpustakaan LPKA Medan Jadi Salah Satu Kearifan Lokal

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved