Berita Simalungun

610 Warga Binaan Lapas Klas IIA Pematangsiantar Terima Remisi Idulfitri, Satu Orang Langsung Bebas

Seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari Lapas Klas IIA Pematangsiantar meraih remisi Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Penulis: Alija Magribi | Editor: Tommy Simatupang
TRIBUN MEDAN / ALIJA
Proses administrasi pelepasan WBP yang meraih remisi khusus II pada momen Idul Fitri 1443 Hijriyah di Lapas Klas IIA Pematangsiantar 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - Seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari Lapas Klas IIA Pematangsiantar meraih remisi Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Warga binaan tersebut pun bebas langsung untuk kembali kepada keluarganya dan melanjutkan hidup yang baru.

Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Klas IIA Pematangsiantar, Raymond Girsang menyampaikan remisi ini diberikan kepada WBP yang layak memenuhi aturan undang-undang.

“Untuk seorang WBP yang bisa berlebaran dengan keluarganya, mudah-mudahan bisa menjalani kehidupan yang lebih baik,” kata Raymond.

Pada momen Idul Fitri 1443 Hijriyah kali ini, jumlah warga binaan yang mendapat remisi khusus keagamaan mencapai 610 orang.

Dari jumlah tersebut, 609 di antaranya memperoleh remisi khusus I (pengurangan masa tahanan).

Kemudian 1 orang di antaranya memeroleh remisi Khusus II (langsung bebas)

Selain itu, Lapas Klas II Pematangsiantar juga memberikan remisi khusus pidana umum, yang diperoleh 380 narapidana dan remisi khusus terkait PP Nomor 99 Tahun 2012 kepada 230 orang narapidana.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sendiri memberikan remisi Idul Fitri 1443 Hijriah untuk 139.232 narapidana di seluruh Indonesia.

Melalui Koordinator Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kemenkumham Rika Aprianti mengatakan, dari angka tersebut sebanyak 675 narapidana bisa berlebaran bersama keluarga usai mendapat RK II,

“Sementara 138.557 narapidana mendapat RK I,” tutur Rika dalam keterangannya, Senin (2/5/2022), seperti dikutip dari Kompas.

Rika menyebut jumlah penerima RK terbanyak berasal dari wilayah Sumatra Utara dengan 16.265 orang, disusul Jawa Timur dengan 14.395 orang, dan Jawa Barat sebanyak 14.109 orang.

(ali/tribun-medan.com)

 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved