Berita Dairi

Selama Libur Lebaran, Pendapatan Daerah Kabupaten Dairi Meningkat Hingga 500 persen

Jumlah pengunjung di beberapa tempat wisata di Kabupaten Dairi mengalami peningkatan selama libur lebaran Idul Fitri.

Tribun Medan/Rechtin
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi mendapatkan peringkat kedua sebagai kabupaten dengan tingkat kepatuhan tinggi terhadap standar pelayanan publik berdasarkan survei Ombudsman RI Perwakilan Sumatra Utara pada Selasa (18/1/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Jumlah pengunjung di beberapa tempat wisata di Kabupaten Dairi mengalami peningkatan selama libur Lebaran Idul Fitri.

Beberapa destinasi wisata yang menjadi tempat favorit bagi wisatawan yakni Taman Wisata Iman (TWI) yang berada di Kecamatan Sitinjo, dan Pemandangan Danau Toba yang berada di Kecamatan Silahisabungan.

Kadis Pariwisata Kabupaten Dairi, Rahmatsyah Munthe mengatakan, jumlah pengunjung di TWI Sitinjo sekitar 6 ribu orang, dan Danau Toba Silahisabungan sekitar 16 ribu orang.

Kunjungan Wisatawan mulai tanggal 29 April sampai dengan 06 Mei 2022, di TWI Sitinjo sebanyak 9.181 orang, dan di Silahisabungan sebanyak 16.249 orang," ujarnya kepada Tribun Medan, Senin (9/5/2022).

"Bertambah sekitar 500 persen lah," sambungnya.

Baca juga: PELAKU yang Lempar Bus Sartika hingga Tewaskan Penumpang Ngaku Dibayar Rp 300 Ribu

Baca juga: Bobby Nasution Tegaskan tak Ada ASN Kerja dari Rumah Setelah Lebaran Karena Alasan Ini

Dikatakannya, tingginya jumlah pengunjung membuat pendapatan daerah juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Tahun ini, jumlah pendapatan dari retribusi bagi wisatawan tembus mencapai angka Rp 100 juta.

"Untuk retribusi memang ada kenaikan dibanding 2 tahun lebaran 2020 dan 2021. Untuk TWI sendiri, tahun lalu hanya Rp 10 juta, di libur lebarab tahun ini capai Rp 100 juta lebih," terangnya.

Selain dari retribusi tempat wisata, Rahmatsyah juga mengungkapkan kenaikan hotel juga mebgalami peningkatan jumlah pengunjung.

Meskipun demikian, dirinya mengungkapkan jumlah pendapatan bagi daerah tidak terlalu mengalami kenaikan yang signifikan.

"Cuma dampak ekonomi masyarakat yang signifikan dimana perputaran transaksi ekonomi yang terjadi di daerah wisata," terangnya.

Baca juga: Anak Celine Evangelista Ogah Panggil Marshel Widianto Daddy, Pupus Harapan Jadi Ayah Sambung

Baca juga: Kabar Sarah Amalia yang Menghilang Usai Lahirkan Anak Ariel NOAH, Ubah Penampilan, Intip Potretnya

(cr7/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved