Breaking News:

Jabatan 17 Gubernur Berakhir Tahun Depan, Ada Nama Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo dan Edy Rahmayadi

Jabatan 17 gubernur di Indonesia akan berakhir pada tahun 2023. Begitu juga dengan jabatan 115 bupati dan 38 wali kota juga akan berakhir tahun 2023.

Internet
Ilustrasi Kepala Daerah 

TRIBUN-MEDAN.COM - Masa jabatan 17 orang gubernur di Indonesia akan berakhir pada tahun 2023.

Praktis akan terjadi kekosongan kepala daerah, sebab Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak baru akan digelar pada tahun 2024 mendatang.

Maka jabatan gubernur di sejumlah provinsi akan digantikan oleh seorang penjabat (Pj) sampai dilantiknya kepala daerah terpilih hasil Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) 2024.

Baca juga: Jabatan 7 Gubernur Berakhir Tahun Ini, Kemendagri Lakukan Pemeriksaan Akhir Calon Pj Kepala Daerah

Dari 17 nama gubernur itu, ada sejumlah tokoh beken yang akan mengakhiri masa jabatan tahun depan, misalnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Selain itu, ada empat gubernur dari Sumatera yang akan menyudahi masa jabatannya tahun depan. Salah satunya adalah Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

Lalu Gubernur Riau Syamsuar, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Selanjutnya, Gubernur Bali I Wayan Koster, Gubernur NTB Zulkieflimasnyah, Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Gubernur Isran Noor juga akan selesai menjabat tahun 2023.

Baca juga: Mantan Kapolda Sumut Komjen Paulus Waterpauw Dilantik Menjadi Pj Gubernur Papua Barat 2022 - 2024

Lima gubernur lain yang akan lengser pada tahun depan adalah Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Gubernur Maluku Murad Ismail, Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba, dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Selain 17 gubernur di atas, 115 bupati dan 38 wali kota yang masa jabatannya berakhir pada tahun 2023.

Adapun pada tahun 2022 ini akan ada tujuh gubernur yang lebih dahulu menyelesaikan masa jabatannya yakni Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan, Gubernur Banten Wahidin Halim.

Kemudian, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Gubernur Sulawesi Barat Muhammad Ali Baal Masdar, Gubernur Papua Barat Dominggus Macan, Gubernur Aceh Nova Iriansyah, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

(*/tribun-medan.com/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 17 Gubernur Berakhir Masa Jabatannya pada 2023, Termasuk Ganjar dan Ridwan Kamil

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved