Masa Jabatan Kepala Daerah

Pekan Depan Sekretaris Daerah di Tebingtinggi dan Tapanuli Tengah Bakal Jadi Plh Kepala Daerah

Pekan depan dua sekretaris daerah, masing-masing di Tebingtinggi dan Tapteng akan menjadi Plh Kepala Daerah

Penulis: Alija Magribi | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN / ist
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melantik Vandiko Timotius Gultom dan Martua Sitanggang sebagai Bupati dan Wakil Bupati Samosir masa jabatan 2021-2024, di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Medan, Senin (26/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.COM,TEBINGTINGGI- Mulai Senin (23/5/2022) pekan depan, Sekretaris Daerah (Sekda) di Kota Tebingtinggi dan Kabupaten Tapanuli Tengah akan mendapat tugas sebagai Pelaksana Harian Kepala Daerah.

Hal itu dilakukan lantaran belum adanya nama usulan Pemprov Sumut yang disetujui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk memimpin kedua daerah nama tersebut.

Kepala Biro Otonomi Daerah (Otda) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Zubaidi, yang dihubungi reporter Tribun-medan.com, Jumat (20/5/2022) menyampaikan nama-nama yang mereka usulkan belum disetujui Kemendagri. 

“Beberapa hari lalu, kan, sudah disebut Pak Gubernur. Yang dipilih orang dari Kementrian Depdagri. Mereka yang menentukan,” kata Zubaidi.

Baca juga: Sertijab Puluhan Kepala Sekolah Mulai TK, SD, SMP se-Kabupaten Pakpak Bharat

Namun, hingga penghujung hari berakhirnya masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tebingtinggi dan Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Tengah berakhir, Kemendagri belum mengeluarkan nama pengganti pelaksana tugas, maka untuk sementara, penggantinya adalah sekretaris daerah masing-masing tempat.

Hal itu dilakukan agar tidak adanya kekosongan pemimpin kepala daerah, dan garis koordinasi dalam birokrasi pemerintahan tetap berjalan.

“Plh kepala daerah, iya, sekda masing-masing. Nanti penugasan mereka tidak berbentuk SK. Hanya dalam radiogram dan itu nanti dikeluarkan pada tanggal 22 Mei 2022 (Minggu),” kata Zubaidi.

Diketahui, awal pekan lalu Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengusulkan masing-masing tiga nama untuk mengisi kekosongan kepala daerah di Tebingtinggi dan Tapanuli Tengah.

Baca juga: Masa Jabatan Mau Habis, Apa yang Sudah Dikerjakan Gubernur dan 8 Bupati/Wali Kota di Sumut Ini?

Masing-masing penjabat kepala daerah yang diusulkan tersebut saat ini menduduki jabatan eselon II Pemprovsu sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Nama Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumut H Baharuddin Siagian SH MSi disebut-sebut sudah final untuk menduduki Penjabat (Pj) Walikota Tebingtinggi.

Baharuddin berada teratas dibanding dua nama lainnya, Kepala Dinas Perlundungan Anak Hj Nurlela dan Kepala Biro Organisasi Setdaprov Sumut Aprilla H Siregar SH MH.

Begitupun untuk Tapanuli Tengah, di mana Pj Sekdaprovsu H Afifi Lubis mencuat sebagai nama teratas, di tengah nama-nama pejabat lainnya seperti Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumut Dr H Asren Nasution MA dan Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, dan Pemberdayaan Masyarakat, Dr Kaiman Turnip MSi yang juga Pj Kadis Kominfo Sumut.

Baca juga: DI SUMUT, Edy Rahmayadi Habis Masa Jabatan 2023, Ada 8 Bupati/Wali Kota, Di Antaranya Bupati Dairi

Untuk diketahui, masa jabatan Wali Kota Tebingtinggi saat ini Umar Zainudin Hasibuan dan Wakil Wali Kota Tebingtinggi Oki Doni Siregar serta Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, akan berakhir pada 22 Mei 2022 lusa.

Kemudian, mengacu UU Nomor 10 Tahun 2016 yang mengamanatkan pemungutan suara serentak nasional pada tahun 2024, maka Kota Tebingtinggi bakal dipimpin kepala daerah dengan status Pelaksana tugas (Plt) ataupun Penjabat (Pj) hingga 2 tahun lebih.(Alj/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved