Breaking News:

Festival Musik Lake Toba

Festival Musik Lake Toba Kembali Diadakan, Festival yang Memperkenalkan Kebudayaan Suku Pakpak

Festival musik yang memperkenalkan Adat Pakpak ini digelar oleh Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Pemkab Dairi.

TRIBUN MEDAN/ Alvi Suwitra
Tarian asal Pakpak Bharat yang ditampilkan Sanggar Simpaling dalam festival Musik Lake Toba di Gedung Nasional Djauli Manik, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sabtu (21/5/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM,SIDIKALANG - Pagelaran festival musik Roadshow Lake Toba kembali digelar untuk pertama kali setelah sempat vakum karena pandemi Covid-19.

Festival musik tersebut tahun ini diadakan di Gedung Nasional Djauli Manik, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sabtu (21/5/2022).

Festival musik yang memperkenalkan Adat Pakpak ini digelar oleh Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Pemkab Dairi.

Baca juga: Kisah Odekta Elvina Naibaho, Peraih Medali Emas Asal Dairi yang Berkarir dari Tingkat Kecamatan

Dalam acara tersebut, menampilkan adat musik dan tarian Pakpak yang dimulai sejak pagi hari hingga malam hari.

Beberapa tarian seni seperti Markalondang (Memainkan alat musik) dan Marnagen (ungkapan hati) dibawakan oleh sanggar tari yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Dairi.

Selain itu, beberapa aneka makanan khas Pakpak seperti Pelleng juga dihadirkan dalam festival tersebut.

Selain makanan khas, komoditi unggulan yang ada di Kabupaten Dairi seperti Kopi, Beras, dan Madu murni juga di hadirkan dalam festival itu.

Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu menyempatkan diri untuk melhat festival musik yang dihadiri oleh masyarakat Sidikalang.

Eddy Berutu menyebutkan, saat ini pandemi Covid sudah mulai melandai, dimana Presiden RI, Joko Widodo memperbolehkan masyarakat untuk membuka masker di depan umum.

"Kami sangat bersemangat, dimana kita sudah berhasil mengakhiri Covid-19, sekarang sudah menjadi endemi. Lalu langsung kita beraksi dengan membangkitkan semangat dan gairah kita dengan Toba musik Festival ini," ujarnya kepada awak media.

Baca juga: Polres Dairi, Lakukan Pembinaan Rohani Kepada Tahanan Di RTP

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved