Breaking News:

Bulan Imunisasi Anak Nasional

Genjot Cakupan Imunisasi Rutin Anak, Ini Pesan Bupati Franc kepada Para Orang Tua di Pakpak Bharat

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor resmi mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) pada Selasa (24/5/2022).

Editor: Abdi Tumanggor
HANDOUT
Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor didampingi istri bincang-bincang dengan anak-anak dalam acara Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) pada Selasa (24/5/2022). Acara yang dipusatkan di SMPN 1 Salak, Pakpak Bharat, Sumut. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor resmi mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) pada Selasa (24/5/2022).

Acara yang dipusatkan di SMPN 1 Salak ini turut dihadiri Kapolres Pakpak Bharat AKBP. Rocky H Marpaung, Ketua TP PKK Pakpak Bharat, Ny. Juniatry Franc Bernhard Tumanggor serta sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah lainnya.

Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) adalah pemberian imunisasi tambahan campak rubella serta melengkapi dosis imunisasi polio dan imunisasi BOPV, IPV, dan DPT-HB-Hib yang terlewatkan sehingga melindungi anak dari penyakit yang dicegah dengan imu isasi.

Upaya ini dilakukan untuk menggenjot cakupan imunisasi rutin anak yang sempat menurun selama pandemi COVID-19.

Imunisasi di Pakpak Bharat
Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor resmi mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) pada Selasa (24/5/2022). Acara yang dipusatkan di SMPN 1 Salak, Pakpak Bharat, Sumut.

Bupati Pakpak Bharat berharap bahwa selama pencanangan BIAN ini para orang tua segera membawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau pos pelayanan imunisasi untuk mendapatkan imunisasi rutin.

Pemberian imunisasi terbukti melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya sehingga anak lebih sehat dan lebih produktif.

Tak hanya itu, manfaat dari imunisasi juga jauh lebih besar dibandingkan dampak yang ditimbulkan di masa depan.

"Ini relatif murah dibanding mereka terkena penyakit berbahaya saat sudah dewasa. Karena kalau sampai sakit, itu biayanya bisa sampai jutaan, kalau sampai masuk ICU bisa mencapai puluhan juta. Jadi jauh lebih murah kalau kita melakukan vaksinasi atau imunisasi saat kita sehat,"jelas Bupati Franc.

Istri Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor
Ketua TP PKK Pakpak Bharat Ny.Juniatry Franc Bernhard Tumanggor memberikan paparan dalam Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) pada Selasa (24/5/2022). Acara yang dipusatkan di SMPN 1 Salak, Pakpak Bharat, Sumut.

Lebih lanjut Bupati berpesan kepada para orang tua agar turut membantu program ini dapat terselesaikan tepat waktu dengan membawa putra-putrinya ke pusat layanan kesehatan guna menerima imunisasi tersebut.

"Untuk itu bapak dan ibu tolong dibantu agar imunisasi ini berjalan lancar. Bawalah anak-anak kita ke puskesmas dan pusat layanan kesehatan lainnya, untuk segera menerima imunisasi yang dimaksud," pungkas dia.

Guna memotivasi serta membangun semangat anak-anak yang hadir dalam acara ini, Ketua TP PKK Pakpak Bharat Ny. Juniatry Franc Tumanggor turut memberikan beberapa kuis berhadiah bagi mereka.

(*/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved