Breaking News:

Peringati Waisak, Umat Buddha di Medan Ikuti Puja Bakti di Cetiya Atmavichara secara Sederhana

Peringatan Hari Raya Waisak tahun ini masih diadakan secara sederhana dengan melaksanakan puja bakti di Cetiya yang terletak di Jalan Berlian No. 12-1

Editor: Ismail
Istimewa
Peringatan Hari Raya Waisak tahun 2022 diadakan secara sederhana dengan melaksanakan puja bakti di Cetiya Atmavichara yang terletak di Jalan Berlian No. 12-14, Kelurahan Sei Rengas Permata, Kecamatan Medan Area, Kamis (26/05/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com - Waisak, salah satu hari raya umat Buddha diadakan pada Kamis (26/5/2022) di Cetiya Atmavichara. Peringatan Hari Raya Waisak tahun ini masih diadakan secara sederhana dengan melaksanakan puja bakti di Cetiya yang terletak di Jalan Berlian No. 12-14, Kelurahan Sei Rengas Permata, Kecamatan Medan Area.

Puja bakti dimulai pukul 19.15 WIB dipimpin oleh UP. Magga Panno Johny, BBA.,CPC.,CPS. dimulai dengan penyalaan lilin pancawarna oleh dr.Leo Mery, M.Kes, FISQUA selaku Pembina Yayasan Atmavichara, Wincent, SE. selaku Pengawas, Vincent, SH.,M.Kn mewakili Pengurus, UP. Yoga Putra Andianto, Wakil Ketua MBI Medan, serta Pandita Buddhayana, UP. Magga Panno Johny.

Kemudian dilanjutkan dengan barisan amisa puja sebagai wujud penghormatan kepada Buddha, Dhamma, dan Sangha.

Bersama barisan Amisa Puja
Bersama barisan Amisa Puja

FOTO: Pemandian Buddha Rupang

FOTO: Pradakshina yaitu mengelilingi objek suci misalnya Buddha rupang, sebanyak 3 kali searah dengan arah jarum jam.

Setelah membacakan Paritta, renungan Dharma, membacakan Pesan Waisak 2566 TB/2022 dari Sangha Agung Indonesia, serta Pradakshina-mengelilingi objek suci misalnya Buddha rupang, sebanyak 3 kali searah dengan arah jarum jam, juga menjadi rangkaian dalam puja bakti Waisak tahun ini.

“Di tengah pandemi yang belum sepenuhnya berakhir ini, dunia diguncang berbagai bencana alam, perselisihan, dan peperangan. Sebagai wujud cinta kasih kepada saudara-saudara kita, hendaknya kita merayakan Waisak ini dengan sederhana tanpa mengurangi makna yang terkandung di dalamnya dan senantiasa menaati prosedur kesehatan."

"Mari kita bersama-sama memaknai perayaan Waisak 2566 TB ini sebagai momen untuk mengembangkan cinta kasih dalam diri kita. Hendaknya kita benar-benar tanpa permusuhan, tanpa kekerasan, tanpa menyakiti, dan tanpa perselisihan; serta mampu melakukan aksi nyata sebagai wujud kepedulian kita kepada sesama, bahwa sesungguhnya kita semua bersaudara, kita pada hakikatnya satu, kita Indonesia, kita Pancasila,” kutipan Pesan Waisak 2022 dari Sangha Agung Indonesia yang dibacakan oleh UP. Yoga Putra Andianto.

Wakil Ketua MBI Medan membacakan Pesan Waisak 2022 dari Sangha Agung Indonesia
Wakil Ketua MBI Medan membacakan Pesan Waisak 2022 dari Sangha Agung Indonesia

UP. Maggo Panno Johny yang bertindak sebagai Ketua Cetiya Atmavichara menyampaikan apresiasi atas kehadiran pengurus Majelis Buddhayana Indonesia Kota Medan dan peserta puja bakti, semoga kita semua senantiasa sehat dan semtosa serta penuh cinta kasih dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved