Simalungun

Pencetakan e-KTP Mulai Diujicobakan di Simalungun, Ada 10 Kecamatan yang Ditetapkan

10 Kecamatan yang ditetapkan pemerintah untuk melakukan pelayanan dan pencetakan KTP Elektronik atau e-KTP.

Penulis: Alija Magribi | Editor: Ayu Prasandi
HO
Ujicoba pencetakan KTP Elektronik di Kecamatan Dolok Silou dan Kecamatan Tapian Dolok, dan direncanakan diresmikan Selasa (7/6/2022) TRIBUN MEDAN. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun mulai mengubah mekanisme pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik dari yang tadinya dilaksanakan di Disdukcapil Kabupaten Simalungun, kini mulai diterapkan di Kantor kecamatan masing-masing.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Simalungun, Resman Saragih menyampaikan ada 10 Kecamatan yang ditetapkan pemerintah untuk melakukan pelayanan dan pencetakan KTP Elektronik atau e-KTP.

Dua di antaranya adalah Kecamatan Dolok Silou dan Kecamatan Tapian Dolok.

“Ada 10 Kecamatan yang diujicoba melakukan pencetakan KTP Elektronik. Mulai dari hari Rabu (1/6/2022) kemarin sudah kita laksanakan,” kata Resman.

Baca juga: WNA Kini Bisa Dibuatkan KTP, Tak Terkait Pemilu, Ini Penjelasan Dirjen Dukcapil dan Mendagri

Untuk mendukung percetakan KTP elektronik di tiap Kecamatan. sejumlah sarana pendukung untuk melakukan pelayanan dan pencetakan tersebut telah diantarkan ke kantor camat masing-masing dari Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Simalungun.

Kantor Camat Dolok Silou dari Dinas Kependudukan mendapat perlengkapan cetak KTP elektronik pada, Sabtu (4/6/2022) kemarin. Uji coba pun dilakukan terhadap sarana pendukung pelayanan dan pencetakan KTP-el oleh pihak Disdukcapil bersama pihak kecamatan yang disaksikan oleh Camat Dolok Silou, dan berhasil dengan baik.

Adapun Kecamatan Tapian Dolok Lakukan melakukan pengecekan dan ujicoba peralatan cetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) di Kantor Camat Tapian Dolok, juga pada Sabtu (4/6/2022).

Resman menyampaikan, ujicoba pencetakan KTP Elektronik di 10 kecamatan ini diharapkan akan rampung dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara utuh dan berkesinambungan. 

Berbagai evaluasi sudah dilakukan pemerintah untuk mengetahui hal-hal yang barangkali mengganggu jalannya pencetakan di kecamatan nantinya.

Baca juga: Begini Nasib Pemilik Nama 1 Kata di KTP, Setelah Aturan Nama Minimal 2 Kata Diterapkan

“Dijadwalkan launching pencetakan KTP-el di 10 kecamatan tersebut akan dilaksanakan pada Selasa (7/6/2022) besok oleh Bupati Simalungun di Kecamatan Siantar,” kara Resman.

(Alj/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved