Simalungun

RSUD Parapat Sediakan Layanan Cuci Darah, Antisipasi Warga Berobat Keluar Daerah

Layanan ini akan menjawab keluhan masyarakat akan penanganan medis yang prima di daerah terluar. 

Penulis: Alija Magribi | Editor: Ayu Prasandi
HO
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Parapat yang berlokasi di Kota Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun berencana menyediakan layananan haemodialisa atau cuci darah untuk pasien yang membutuhkan. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Parapat yang berlokasi di Kota Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, berencana menyediakan layananan haemodialisa atau cuci darah untuk pasien yang membutuhkan.

Memperlancar rencana ini, Direktur RSUD Parapat dr Henry Jimmy Gultom bahkan sempat melakukan kunjungan silahturrahmi ke Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) Koodinator Wilayah (Korwil) Provinsi Sumatera Utara di Medan, Sabtu (4/6/2022) kemarin.

Pria akrab disapa domter Jimmy, ini menyampaikan, layanan cuci darah di rumah sakit di Kota Wisata Parapat merupakan niat Bupati dan Wakil Bupati Simalungun.

Layanan ini akan menjawab keluhan masyarakat akan penanganan medis yang prima di daerah terluar. 

Baca juga: Ini Alasan Banyak Pria Arab Pilih TKW Indonesia Jadi Istri, Bukan soal Cantik tapi Karena Ini

“Ini untuk menyahuti arahan Bupati Simalungun agar RSUD Parapat dapat melayani Haemodialisa (cuci darah) kepada masyarakat yang menderita gagal ginjal kronis, yang memerlukan tindakan Haemodialisa, sehingga tidak perlu lagi berobat keluar dari Simalungun,” kata Jimmy.

Jimmy menyampaikan, pihaknya perlu bersilaturahmi dengan stakeholder terkait agar memperlancar rencana Dirut RSUD Parapat memiliki layanan haemodialisa

"Untuk itulah kami melakukan silahturrahmi ke Pernefri, karena  ada rencana akan kami membuka pelayanan Haemodialisa di RSUD Parapat dalam waktu dekat,"kata Jimmy.

Kemudian Jimmy menyampaikan bahwa, rencana membuka pelayanan Haemodalisa sangat didukung oleh pihak Pernefri, apalagi posisi RSUD Parapat berada di objek wisata Danau Toba yang merupakan Kawasan Pariwisata Super Prioritas. 

"Rencanana kami membuka layanan Haemodalisa mendapat respon yang baik dari Pernefri, dan mereka siap mendukung," ucap Jimmy.

Baca juga: Teddy Pardiyana Marah Tantang Rizky Febian Buktikan Surat Kepemilikan 32 Pintu Kos-kosan

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun Esron Sinaga telah mengecek kesiapan RSUD Parapat untuk melayani perawatan medis cuci darah. Ia pun melihat peralatan yang diujicobakan pegawai rumah sakit dan perusahaan penyedia, PT Sinar Utama Medan.

(Alj/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved