Pengurusan E KTP

Warga Simalungun tak Perlu Lagi ke Raya Urus E-KTP, Cukup di Kecamatan Saja

Masyarakat di Kabupaten Simalungun yang mau urus E-KTP tak perlu repot datang ke kantor Disdukcapil di Raya

Penulis: Alija Magribi | Editor: Array A Argus
HO
Sejumlah alat perekam dan pencetakan KTP Elektronik diterima Kecamatan Tapian Dolok, Sabtu (4/6/2022) TRIBUN MEDAN-HO 

TRIBUN-MEDANCOM,SIMALUNGUN- Kabar baik disampaikan Pemerintah Kabupaten Simalungun hari ini, Rabu (8/6/2022).

Pemerintah meresmikan layanan pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau e-KTP di 10 kecamatan strategis dan terluar di Kabupaten Simalungun.

Dengan dibolehkannya kecamatan melaksanakan pencetakan e-KTP, maka warga yang tinggal di daerah terluar tak perlu jauh-jauh mengurus e-KTP ke Kantor Disdukcapil yang ada di Kompleks Perkantoran Ibu Kota Kabupaten di Pematangraya.

Baca juga: Pencetakan e-KTP Mulai Diujicobakan di Simalungun, Ada 10 Kecamatan yang Ditetapkan

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga pada Rabu (8/6/2022) seusai melakukan Launching Pelayanan Perekaman dan Pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di 10 kecamatan menyampaikan pihaknya telah melakukan ujicoba perekaman terlebih dahulu.

"Hari ini kita melakukan launching perekaman dan percetakan KTP-el di 10 Kecamatan di Simalungun yakni Kecamatan Purba, Ujung Padang, Dolok Silau, Bandar, Siantar, Tanah Jawa, Tapian Dolok, Sidamanik, Girsang Sipangan Bolon dan Bosar Maligas," kata Bupati.

Disampaikan Bupati, bahwa pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-el di Kecamatan sangat dinantikan oleh masyarakat Simalungun yang jauh dari ibu kota Simalungun yaitu di Pamatang Raya.

Baca juga: RATUSAN Warga Medan Sunggal Ikuti Program Go Fast E-KTP, Bisa Siap Dalam Waktu 1x24 Jam

"Jadi masyarakat tidak perlu lagi datang jauh-jauh dari kecamatan ke Raya untuk melakukan perekaman dan pencetakan KTP-e. Cukup di kecamatan tersebut, dan pelayanan ini gratis tidak di pungut biaya, tidak perlu lagi datang ke calo, lengkapi saja persyaratannya -antar ke kecamatan,"pungkas Bupati.

Lanjut Bupati, proses perekaman dan pencetakan e-KTP ini sangat mudah dan cepat.

Hanya menyisakan waktu 15-45 menit dan langsung selesai.

Tentunya proses pencetakan tetap melalui verifikasi data dari Dukcapil Pusat terlebih dahulu.

Dengan adanya layanan pencetakan e-KTP di 10 kecamatan ini, ujar Bupati, sangat membantu masyarakat dalam efisiensi waktu dan tenaga.

Ke depan di tahun 2024 Pemkab berharap layanan pencetakan e-KTP bisa menyeluruh ke 32 Kecamatan di Kabupaten Simalungun.

Baca juga: E-KTP tak Bisa Digunakan Untuk Nyoblos Calon Kades di Deliserdang, Simak Penjelasannya

Untuk mewujudkan hal itu, Bupati menyampaikan, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, harus ada dari dukungan dan kerjasama masyarakat Simalungun melalui taat membayar Pajak,

“Karena pajak merupakan rohnya pembangunan di kabupaten Simalungun. Saat ini, blangko e-KTP cukup ketika masyarakat mau mencetak,” jelasnya.(alj/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved