Nawal Lubis Dorong Masyarakat Donorkan Darahnya

donor darah akan memberikan kesehatan kepada pendonornya dan sangat dibutuhkan pasien-pasien kanker, thalasemia, HIV

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Eti Wahyuni
HO
Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mendonorkan darahnya pada acara Donor Darah YKI Sumut bersama Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kamis (9/6/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ketua Yayasan Kanker Indonesia atau YKI Sumut Nawal Lubis mengatakan, para penderita kanker, thalasemia, dan HIV di Sumut cukup kesulitan memenuhi kebutuhan transfusi darah rutin. Hal ini, disebabkan masih kurangnya keinginan masyarakat mendonorkan darahnya.

"Penderita kanker itu butuh transfusi darah satu hingga dua kali dalam seminggu, banyak yang kesulitan memenuhi kebutuhan rutin tersebut. Karena itu, darah dari pendonor sangat kita butuhkan saat ini," kata Nawal Lubis usai menggelar kegiatan donor darah, Kamis (9/6/2022) di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Nomor 41, Medan.

Nawal menjelaskan, donor darah akan memberikan kesehatan kepada pendonornya dan sangat dibutuhkan pasien-pasien kanker, thalasemia, HIV, dan penyakit lainnya.

"Jadi, tak ada ruginya mendonorkan darah. Kita lebih sehat karena darah kita diproduksi lagi yang baru usai kita mendonorkan darah," kata Nawal, yang juga ikut mendonorkan darahnya pada kesempatan tersebut.

Baca juga: Persaudaraan Muda-Mudi Vihara Borobudur Kembali Adakan Kegiatan Donor Darah Amal II Tahun 2022

Kata Nawal, kegiatan ini akan rutin untuk membantu kebutuhan darah di Sumut. Rata-rata PMI Sumut per bulan mampu mengumpulkan 4.000 kantong darah dua tahun terakhir, jumlah ini hanya mampu memenuhi kebutuhan Kota Medan saja.

"Kegiatan ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan darah penderita kanker, thalasemia dan HIV di Sumut," kata Nawal.

Karena itu, Nawal berharap kegiatan serupa juga dilakukan organisasi-organisasi lain agar kebutuhan darah di Sumut terpenuhi. "Kita akan terus dorong ini agar menjadi kegiatan rutin, membantu PMI memenuhi kebutuhan darah Sumut," ungkap Nawal.

Kegiatan donor darah ini disambut baik masyarakat. Sekitar 200 orang mendonorkan darahnya. Ketua Panitia Siti Zahra mengatakan, awalnya mereka menargetkan 150 kantong darah.

"Kami sangat bersyukur karena melebihi target, ternyata cukup banyak masyarakat kita yang sadar pentingnya donor darah. Mudah-mudahan ini terus meningkat," kata Zahra.

Kegiatan donor darah ini bekerja sama dengan dua organisasi perempuan yaitu Komunitas Perempuan Peduli Sumut (KPPSU) dan Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) Sumut.

Zahra berharap kegiatan ini bisa lebih besar lagi sehingga mampu mengumpulkan lebih banyak kantong darah. "Semoga kegiatan ini terus membesar, mendapatkan darah lebih banyak lagi," kata Zahra.

 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved