Breaking News:

Pencetakan KTP Elektronik

Pencetakan KTP Elektronik di Kabupaten Simalungun Sampai Pukul 16.00 Sore, Berikut Lokasinya

Oleh sebab itu, masyarakat yang ingin mengurus keperluan terkait KTP harus mengetahui jadwal yang ditentukan pemerintah.

Penulis: Alija Magribi | Editor: Ayu Prasandi
HO
Sejumlah masyarakat mulai mengikuti arahan untuk pencetakan e-KTP di Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Rabu (8/6/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR- Pemerintah Kabupaten Simalungun secara resmi memberikan layanan perekaman dan pencetakan KTP Elektronik di 10 kecamatan yang ditunjuk. 

Oleh sebab itu, masyarakat yang ingin mengurus keperluan terkait KTP harus mengetahui jadwal yang ditentukan pemerintah.

Plt Kepala Disdukcapil Simalungun Tiarli E Sinaga menyampaikan, perekaman dan pencetakan e-KTP bisa dilakukan selama jam kerja pegawai kecamatan. Yaitu berakhir pukul 16.00 WIB sore.

Baca juga: HIDUPNYA Dikenal Paling Tertutup, Andre Taulany Sampai Kaget Temukan Ini di Rumah Vincent Rompies

“Layanan e-KTP ini bisa dimanfaatkan masyarakat selama hari dan jam kerja pegawai di kecamatan, yaitu berakhir pukul 16.00 sore. Layanan e-KTP tidak berlaku pada akhir pekan/libur nasional,” kata Tiarli.

Lanjut Tiarli, proses perekaman dan pencetakan e-KTP biasanya memakan waktu ringkas, apabila data yang dimiliki pemohon lengkap dan tersingkron dengan data di pusat.

“Bisa paling cepat 45 menit, atau maksimal kurang dari 24 jam. Tergantung saat kita verifikasi datanya. Kalau lengkap, pasti cepat,” kata Tiarli seraya menyebut e-KTP diperoleh secara gratis atau tanpa pungutan biaya apapun. 

Adapun 10 Kecamatan di Simalungun yang berhak melayani pencetakan e-KTP yakni Kecamatan Purba, Ujung Padang, Dolok Silau, Bandar, Siantar, Tanah Jawa, Tapian Dolok, Sidamanik, Girsang Sipangan Bolon dan Bosar Maligas,"kata Bupati.

Sosialisasi pencetakan e-KTP sendiri sudah dilakukan pihak Kecamatan Siantar dengan mengeluarkan surat pemberitahuan kepada masyarakat tentang pelayanan perekaman, persyaratan perekaman (dokumen kelengkapan) dan waktu perekaman yang terpampang di kantor camat. 

Baca juga: HINDARI Melakukan 5 Hal Ini saat Keramas agar Rambut Tetap Sehat

Dalam surat itu tercantum waktu perekaman mulai Pukul 08:00 WIB - 12:00 WIB dan pencetakan Pukul 13:00 WIB - 16:00 WIB

Diketahui pula, sejumlah petugas perekaman dan pencetakan e-KTP juga telah mendapatkan arahan oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga melalui aplikasi zoom meeting dari Kantor Camat Purba,  Sumut,  Rabu (8/6/2022).

(Alj/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved