Berita Sumut

Menikmati Pesona Air Terjun Situmurun di Toba, Butuh Waktu 1,5 Jam Menggunakan Kapal Menuju Lokasi

Pesona Air Terjun Situmurun bak surga tersembunyi yang ada di pinggiran Danau Toba, tepatnya di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Risky Cahyadi

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA - Pesona Air Terjun Situmurun bak surga tersembunyi yang ada di pinggiran Danau Toba, tepatnya di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba.

Untuk dapat sampai ke Air Terjun ini, wisatawan harus menyebrang menggunakan kapal dari Ruang Terbuka Publik (RTP) yang menghabiskan waktu kurang lebih 1-1,5 jam.

Selama perjalanan menuju ke Air Terjun Situmurun, wisatawan tak akan merasa bosan lantaran disuguhkan dengan pemandangan Danau Toba yang indah.

Menariknya, air terjun yang memiliki ketinggian puluhan meter ini memiliki tujuh tingkatan yang membuat kesan eksotis saat air terjun tersebut turun langsung ke Danau Toba.

Panorama air terjun ini tentunya membuat wisatawan langsung mengambil kesempatan untuk mengabadikan momen di dekat Air Terjun Situmurun.

Ada beragam spot foto yang keren yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan mulai dari atas dek kapal hingga berenang langsung di dekat air terjun.

Satu diantaranya ada Amel, warga asal Lubuk Pakam ini tampak sibuk memotret keindahan Air Terjun Situmurun ini.

"Excited banget lihatnya karena ternyata air terjun seperti ini ada di Sumut yang langsung menghadap ke Danau Toba," ungkap Amel kepada Tribun Medan.

Lanjutnya, Amel juga merasa bahwa wisata di sekitaran Danau Toba ini juga tak kalah indah jika dibandingkan dengan daerah lainnya.

"Ini pertama kali aku datang dan aku pasti bakalan balik lagi. Harusnya masyarakat Sumut atau di luar provinsi juga wajib banget datang untuk melihat keindahan ini," tuturnya.

Senada dengan Amel, Maulidya, wisatawan lainnya juga begitu kagum dengan panorama Air Terjun Situmurun ini.

"Ini kali pertama datang dan memang awalnya tahu ini karena lihat di sosmed dan viral kan, jadi Lidya tertarik banget untuk datang berkunjung melihat langsung," ucapnya.

Sementara itu, bagi wisatawan yang ingin keliling Danau Toba dapat menyewa kapal sesuai dengan rute yang ingin dituju.

Sebagai contoh, bagi wisatawan yang ingin mengunjungi batu gantung dapat menyewa kapal seharga Rp500 ribu dari titik keberangkatan di Parapat.

Sementara itu untuk keliling Samosir sepuasnya dapat merogoh kocek sebesar Rp6 juta dengan banyak rute seharian penuh.

(cr13/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved