Tempat Wisata di Sumut

PESONA Desa Meat, Suguhkan Pemandangan Hamparan Sawah Berlatar Danau Toba

Udara segar pedesaan begitu terasa yang akan membuat para wisatawan yang akan berkunjung dapat melepas penat sejenak.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/KARTIKA
Wisatawan saat menikmati suasana alam hamparan sawah di Desa Wisata Meat, Tampahan, Kabupaten Toba.       

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sumatera Utara (Sumut) tak pernah bosan menyuguhkan panorama alam khas pedesaan.

Satu diantara wisata pedesaan yang patut dikunjungi diantaranya Desa Wisata Meat yang terletak di Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba.

Saat memasuki Desa Meat, para wisatawan akan disuguhkan dengan hamparan sawah membentang yang langsung menghadap Danau Toba.

Warga melintasi persawahan di Desa Meat, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Kamis (9/6/2022). Desa Meat memiliki pesona alam yang indah, letak persawahan tepat di pinggir Danau Toba dan warga memiliki keahlian membuat kerajinan kain ulos khas Batak.
Warga melintasi persawahan di Desa Meat, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Kamis (9/6/2022). Desa Meat memiliki pesona alam yang indah, letak persawahan tepat di pinggir Danau Toba dan warga memiliki keahlian membuat kerajinan kain ulos khas Batak. (TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR)

Udara segar pedesaan begitu terasa yang akan membuat para wisatawan yang akan berkunjung dapat melepas penat sejenak.

Tak hanya itu, jika diperhatikan lebih detail, rumah warga lokal Desa Meat memiliki alat tenun yang hampir sebagian besar bermatapencaharian sebagai penenun.

"Sumber daya alam disini yang paling menonjol dan juga ecowisatanya kemudian juga budaya, karena kita itu ditetapkan pemerintah sebagai desa adat. Berarti ada budaya yang mau digali disitu," ungkap Ketua Pokdarwis Desa Meat Donal Siahaan.

Menariknya, Desa Wisata Meat menawarkan paket-paket wisata pedesaan yang dapat dilirik, diantaranya, paket A (1 Hari) yang dipatok seharga Rp665 ribu per orang.

Baca juga: Candi Borobudur Jadi Destinasi Wisatawan Ramah Lingkungan, Gubernur Ganjar Siap Dukung Penuh

Perajin menyelesaikan kain tenun ulos Khas Batak di Desa Meat, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Kamis (9/6/2022). Desa Meat memiliki pesona alam yang indah, letak persawahan tepat di pinggir Danau Toba dan warga memiliki keahlian membuat kerajinan kain ulos khas Batak.
Perajin menyelesaikan kain tenun ulos Khas Batak di Desa Meat, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Kamis (9/6/2022). Desa Meat memiliki pesona alam yang indah, letak persawahan tepat di pinggir Danau Toba dan warga memiliki keahlian membuat kerajinan kain ulos khas Batak. (TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR)

Adapun untuk paket ini menawarkan beragam rute yang menarik, diantaranya spot selfie Tuktuk Simundi, Desa Adat Ragihotang, Interaksi dengan penenun, menyusuri persawahan, snack dan makan siang, dan pemandu lokal.

Tak puas hanya sehari? Desa Wisata Meat juga menawarkan paket B (2 Hari 1 Malam) seharga Rp1.460.000 per orang.

Untuk paket B ini, wisatawan akan mendapatkan fasilitas jalan-jalan ke Desa Adat Ragihotang, Interaksi dengan penenun, memasak Naniura, Spot Tuktuk Simundi, menyusuri persawahan, menyusuri pantai dengan sampan dan diajak merasakan sensasi memandikan kerbau.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved