Breaking News:

Berita Samosir

PBB Samosir Tabur Bibit Ikan Mujahir di Danau Toba: 'Makanan Nenek Moyang Kami Sampai Sekarang'

Di tengah viral pernyataan dari Forum Batak Intelektual yang mengatakan ikan mujahir sebagai ham, kini ada aksi menabur ikan mujahir di Danau Toba. 

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Tommy Simatupang
HO
PBB di Kabupaten Samosir taburkan bibit ikan mujahir di perairan Danau Toba yang berada di Kabupaten Samosir, Selasa (14/6/2022). Dalam penaburan bibit ikan tersebut, pihak Pemkab Samosir juga turut hadir yang diwakili oleh Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang. 

TRIBUN-MEDAN.com, SAMOSIR - Di tengah viral pernyataan dari Forum Batak Intelektual yang mengatakan ikan mujahir sebagai hama, kini ada aksi menabur ikan mujahir di Danau Toba. 

Organisasi Pemuda Batak Bersatu (PBB) Samosir menaburkan bibit ikan mujahir di perairan Danau Toba yang terletak di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir pada Selasa (14/6/2022).

Jumlah ikan yang ditaburkan sebanyak seribu ekor.

Ketua PBB Samosir Roland Sitanggang menjelaskan, penaburan bibit ikan mujahir bertujuan melestarikan spesies ikan yang ada di kawasan Danau Toba.

Menurutnya, ikan mujahir tersebut merupakan lauk yang dikonsumsi masyarakat Samosir sejak zaman dahulu.

“Kemarin, Selasa (14/6/2022) sore, kita adakan tabur ikan mujahir di perairan Danau Toba di Dermaga Jetty Kabupaten Samosir, Pangururan. Tujuannya, untuk melestarikan ikan yang ada di Danau Toba. Ikan jahir itu adalah makanan orang Samosir dari zaman nenek moyang sampai sekarang,” ujar Ketua Ormas PBB Samosir.

Baca juga: KASIHAN, Gandaria Silaban Dianggap Telah Meninggal di Pernikahan Anaknya, Perannya Diganti Ibu Tiri

Baca juga: Nicholas Sean Bantah Pacaran, Ayu Thalia Beberkan Rahasia Perlakuan Putra Ahok Hingga Tidur Bareng

Ternyata, penaburan bibit ini bukan hanya dilakukan oleh ormas PBB di Samosir, namun juga seluruh kabupaten yang berada di kawasan Danau Toba.

Sehingga, puluhan ribu bibit ikan mujahir dipastikan ditabur di perairan Danau Toba oleh ormas tersebut.

“Sebenarnya, seluruh PBB yang ada di kawasan Danau Toba melakukan penaburan bibit ikan mujahir ini. Setidaknya kemarin, penaburan bibit ikan mujahir dilakukan secara serentak di empat kabupaten yang ada di pinggiran Danau Toba. Barangkali, beberapa kabupaten lainnya akan melakukan pada hari ini,” terangnya.

“Kalau kita hitung semuanya yang ditabur itu ada puluhan ribu bibit ikan. Kalau yang di Samosir ada sekitar seribu bibit ikan mujahir,” terangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved