Turut Sebarkan Foto Editan Stupa Mirip Jokowi, Bagaimana Nasib Pakar Telematika Roy Suryo?

Dijelaskan Fickar, jika konten tersebut termasuk ke dalam unsur pidana, maka Roy Suryo bisa turut terjerat hukum karena ikut menyebarkan konten itu.

kompas
Roy Suryo 

TRIBUN-MEDAN.com - Pakar telematika, Roy Suryo melalui akun media sosialnya turut menyebarkan foto editan stupa Candi Borobudur mirip dengan wajah Presiden Joko Widodo.

Lantaran ikut menyebarkan foto tersebut, apakah tindakan Roy Suryo bisa terjerat hukum?

Menanggapi hal itu, Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar meminta Polri terlebih dahulu meneliti apakah konten stupa yang diedit mirip Jokowi termasuk dalam kasus hukum yang dilanggar Undang-Undang.

"Harus diteliti apakah sebuah konten yang beredar itu konten yang dikualifikasi sebagai yang dilarang UU?" kata Fickar saat dikonfirmasi, Rabu (15/6/2022).

Baca juga: Sejak 2014, Ini Daftar Nama Menteri yang Pernah Dicopot Presiden Jokowi

Dijelaskan Fickar, jika konten tersebut termasuk ke dalam unsur pidana, maka Roy Suryo bisa turut terjerat hukum karena ikut menyebarkan konten tersebut.

"Karena pengertian mirip itu tidak sama, jadi harus dipastikan dulu berdasarkan putusan pengadilan bahwa gambar itu sama.

Jika konten itu dinyatakan sebagai sama maka perbuatan RS (Roy Suryo) bisa dinilai sebagai perbuatan yang ikut menyebarkan konten yang dilarang UU," ungkap dia.

Twit Roy Surya Stupa
Roy Suryo tanggapi penundaan kebijakan naiknya harga tiket Candi Borobudur. Yunarto Wijaya soroti dua foto editan wajah stupa yang diunggah Roy Suryo. (Tangkapan Layar Twitter Roy Suryo/Yunarto Wijaya)

Lebih lanjut, Fickar menambahkan keputusan untuk menentukan konten tersebut sebagai suatu tindak pidana harus menunggu keputusan pengadilan.

"Jika konten itu belum jelas termasuk kategori kritik atau saran maka harus ada dulu putusan pengadilan yang menyatakan perbuatan memodifikasi foto itu sebagai perbuatan melanggar UU maka terhadap RS juga dapat dikenakan proses hukum," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Polri menyatakan pihaknya belum berencana memanggil Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo terkait kasus foto stupa Candi Borobudur yang diedit mirip dengan wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Diketahui, Roy Suryo menjadi salah satu orang yang turut membagikan foto yang telah diedit tersebut di media sosialnya.

Roy Suryo turut berkomentar di akun Twitter-nya pada Jumat (10/6/2022).

Baca juga: Reshuffle, Presiden Dikabarkan akan Melantik Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto Siang Ini

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan Roy Suryo masih belum diperiksa karena penyidik masih mendalami konten tersebut.

"Belum (panggil Roy Suryo), masih didalami dulu kontennya," kata Dedi saat dikonfirmasi, Rabu (15/6/2022).

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved