Breaking News:

Berita Taput Terkini

KEKERASAN Seksual pada Anak Kian Meningkat, Bupati Taput Nikson Nababan Layangkan Surat Edaran

Surat edaran ini diedarkan ke seluruh sekolah mulai dari TK/PAUD, SD, SMP, SMA/SMK Se-Tapanuli Utara dan Kepala Desa dan Lurah Se-Tapanuli Utara.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Randy P.F Hutagaol
Istimewa
Ilustrasi pencabulan terhadap anak 

Soal Kekerasan Seksual Terhadap Anak, Bupati Taput Layangkan Surat Edaran Soal Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Anak


TRIBUN-MEDAN.com, TAPANULI UTARA - Maraknya kekerasan terhadap anak disikapi Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan dengan tegas.

Melalui Surat Edaran Nomor 800/1960/2-8.4.2/VI/2022 tentang Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Anak.

Surat edaran ini diedarkan ke seluruh sekolah mulai dari TK/PAUD, SD, SMP, SMA/SMK Se-Tapanuli Utara dan Kepala Desa dan Lurah Se-Tapanuli Utara.

Dalam edaran tersebut disampaikan mengenai Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, beserta sanksinya.

Selanjutnya Bupati juga menegaskan pentingnya penyuluhan-penyuluhan bagi anak didik di sekolah sekolah dan juga seluruh Desa dan Kelurahan dengan menggandeng aparat hukum, guru, orangtua dan pihak gereja.

"Ini tugas kita bersama dan kita tegaskan pentingnya Perlindungan Anak. Kebebasan Media Sosial telah menimbulkan pergeseran moral bagi anak anak kita. Sangat penting pengawasan orang tua dan sekolah dan juga gereja," ujar Nikson Nababan, Minggu (19/6/2022).

"Mari bergandengan tangan menuntaskan ini, ini menyangkut generasi kita, anak anak kita. Orangtua, guru, aparat hukum dan sudut keagamaan bersama pemerintah untuk memberikan perhatian terhadap hal ini," sambungnya.

Dalam surat edaran yang dilayangkan pada Jumat (17/6/2022) tersebut, ia juga menegakan perihal dasar hukum yang dikenakan bagi setiap pelaku kekerasan seksual terhadap anak.

Selanjutnya, ia juga menguraikan perihal sanksi yang bakal diterima pelaku kekerasan seksual terhadap anak. Dan surat edaran tersebut harus disosialisasikan kepada seluruh masyarakat.

"Kepada kepala desa/ lurah agar mensosialisasikan surat edaran ini kepada seluruh masyarakat dan menampilkan surat edaran ini di tempat-tempat yang mudah dilihat/ dibaca masyarakat," pungkasnya.

(*/TRIBUN MEDAN)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved