Tempat Wisata di Sumut

PEMANDIAN Sumber Mata Air Bersih, Kolam di Balik Bukit Hutan Karet, Cocok untuk Keluarga

Ia mengaku, kolam Sumber Mata Air Bersih ini sudah berjalan hingga tiga tahun belakang dan selalu ramai di hari besar atau hari libur.

Penulis: Alif Al Qadri Harahap | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/Alif Alqadri Harahap
Pemandian Sumber Mata Air Bersih (SMAB) Desa Aek Nagali, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan pemandian yang terletak di balik bukit perkebunan karet. 

TRIBUN-MEDAN.COM, ASAHAN - Selain dikenal dengan produksi karet dan sawitnya, Kabupaten Asahan ternyata banyak menyimpan keindahan alam yang dapat dikunjungi.

Salah satunya pemandian Sumber Mata Air Bersih (SMAB) yang terletak diantara bebukitan kebun karet dan sawit yang terletak di Desa Aek Nagali, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan.

Pemandian ini dapat ditempuh dari pusat kota Kisaran dengan jarak waktu tempuh hanya satu jaman saja. Jalanan kebun yang akan membuat kami seperti kembali ke desa.

Selain itu, kolam yang bersumber dari 7 mata air ini memiliki air yang sejuk dan dingin sehingga membuat tubuh yang letih dapat kembali bugar untuk kembali beraktifitas.

Baca juga: Penerapan Pengolahan Sampah Wisata dengan MAIN 4M+TP2 Kepada Masyarakat Desa Dokan, Kecamatan Merek

Pemandian ini memiliki tiga buah kolam yang terbagi dari dua kolam untuk anak-anak dan satu kolam dewasa dengan jarak kolam yang dipisah sehingga aman untuk anak-anak.

Untuk masuk ke kolam Sumber Mata Air Bersih(SMAB) ini kamu hanya di pungut biaya Rp 5 ribu saja perorang dan dibebaskan untuk membawa makanan dari luar meskipun pengelola menyediakan beberapa kantin.

Asri Nabila, pemilik kolam mengaku uang Rp 5 ribu tersebut hanya sebagai uang kebersihan kolam saja, karena saat masuk kedalam, seluruh pengunjung dapat menikmati fasilitas yang disediakan oleh pengelola.

"Fasilitasnya ada kolam ikan, pondok-pondok, dan kamar mandi. Semuanya gratis. Selain itu, setiap hari air kolam ini selalu dikuras untuk dibersihkan agar tidak terjadi lumut," kata Nabila.

Ia mengaku, kolam Sumber Mata Air Bersih ini sudah berjalan hingga tiga tahun belakang dan selalu ramai di hari besar atau hari libur.

Sementara Ira, pengunjung mengaku kolam ini SMAB ini cukup aman untuk melepas anak-anak. Karena memiliki kolam yang tidak begitu dalam.

"Kami dari sekolah, tadi anak-anak bagi raport. Setelah bagi raport kami kemari dan tempatnya aman," kata Ira.

Selain aman, ia mengaku dengan air yang dingin dapat mengembalikan ketenangan dalam pikiran setelah mengajar di sekolah.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Medan, Cocok Dikunjungi di Akhir Pekan

"Tempatnya enak, bisa sekalian refreshing, tenang. Disana juga ada kolam ikan, yang bisa kita lihat dan beri makan," katanya.

Untuk kamu yang ingin berenang diantara bebukitan karet, kamu bisa datangi kolam renang SMAB buka setiap hari mulai pukul 07.30 wib hingga 21.00 wib.

(cr2/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved