Pakpak Bharat

Pesta Mendegger Uruk Marga Banurea, Ini Pesan Wakil Bupati Pakpak Bharat

Pesta Mendegger Uruk yang digelar oleh Marga Banurea sedunia sukses dilaksanakan di Lapangan Bale Kasean Banurea, Salak, 18 Juni 2022.

Editor: Abdi Tumanggor
Diskominfo Pakpak Bharat
Pesta Mendegger Uruk yang digelar oleh Marga Banurea sedunia sukses dilaksanakan di Lapangan Bale Kasean Banurea, Salak, Pakpak Bharat, Sumatera Utara, 18 Juni 2022. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Pesta Mendegger Uruk yang digelar oleh Marga Banurea sedunia sukses dilaksanakan di Lapangan Bale Kasean Banurea, Salak, Pakpak Bharat, Sumatera Utara, 18 Juni 2022.

Pesta Budaya yang dirangkaikan dengan pelantikan pengurus besar Lembaga Sulang Silima Marga Banurea Sedunia ini dihadiri ribuan tokoh dan masyarakat marga Banurea dari seluruh penjuru dunia.

Sementara itu Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd yang hadir mewakili Bupati dalam acara ini meninggalkan beberapa pesan di antaranya betapa pentingnya kesatuan dan persatuan dalam mencapai suatu tujuan.

Bahwa terlaksananya acara mendegger uruk marga Banurea ini, di mana seluruh marga Banurea sedunia dapat berkumpul dan melaksanakan doa bersama, bersilaturahim dan saling menyapa, berjikarah dan mengembangkan gagasan-gagasan kehidupan bersama agar semakin sejahtera dan nduma. Ini adalah berkat kuatnya rasa persatuan dan kesatuan di antara seluruh komponen marga Banurea.

"Mari kita terus menjaga persatuan ini, niscaya seluruh permasalahan kehidupan, baik kehidupan berbangsa dan bernegara, bermasyarakat, berusaha, dan berbudaya dapat dirunggukan, dicari jalan penyelesaiannya, dengan cara seksama, dan beradab demi kehidupan masyarakat, terutama masyarakat pakpak sebagai entitass di mana marga Banurea berada," pesan Wakil Bupati Pakpak Bharat Mutsyuhito Solin dalam sambutannya.

Pesta Mendegger Uruk Marga Banurea di Pakpak
Pesta Mendegger Uruk yang digelar oleh Marga Banurea sedunia sukses dilaksanakan di Lapangan Bale Kasean Banurea, Salak, Pakpak Bharat, Sumatera Utara, 18 Juni 2022. (Diskominfo Pakpak Bharat)

Mutsyuhito Solin juga berpesan agar seluruh masyarakat Pakpak khususnya Marga Banurea di manapun berada, untuk selalu menjaga dan melestarikan adat dan budaya Pakpak sebagai warisan leluhur yang sudah mengisi berbagai sendi kehidupan masyarakat Pakpak di antaranya pelaksanaan Pesta Mendegger Uruk yang saat ini sedang dilaksanakan.

Secara budaya kegiatan mendegger uruk ini, kata Solin, harus tetap dilestarikan karena hal ini merupakan salah satu warisan budaya dari pendahulu kita yang mengandung makna untuk mempererat persatuan di antara semarga, dalam hal ini marga banurea dan marga-marga lain disekitarnya.

"Makna lainnya kita diajak untuk menyatukan tekad serta memanjatkan doa bersama kepada sang khalik untuk mendapat perlindungan dan penyertaan dari sang khalik dalam menjalani kehidupan keseharian kita di dunia ini," ucap Mutsyuhito Solin kemudian.

Mendegger Uruk Banurea
Pesta Mendegger Uruk yang digelar oleh Marga Banurea sedunia sukses dilaksanakan di Lapangan Bale Kasean Banurea, Salak, Pakpak Bharat, Sumatera Utara, 18 Juni 2022. (Diskominfo Pakpak Bharat)

Sebagai bagian dari warga Pakpak, Wakil Bupati, merasa sangat bangga atas pelaksanaan acara mendegger uruk ini.

"Mari kita jadikan ini sebagai motivasi serta ajakan untuk marga-marga lainnya untuk melaksanakan pesta mendegger uruk,"ucapnya.

Acara mendegger Uruk Marga Banurea ini dirangkailan dengan Pelantikan Pengurus Besar Lembaga Sulang Silima Marga Banurea Sedunia untuk periode lima tahun.

"Saya sampaikan selamat kepada seluruhnya saudaraku marga Banurea yang hari ini sukses dalam melaksanakan acara adat budaya ini, selamat kepada seluruh pengurus Lembaga Sulang Silima Marga Banurea Sedunia yang juga dikukuhkan hari ini, semoga atas petunjuk dari Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa saudara-saudara semua dapat menjalankan tugas dalam membesarkan marga banurea ini, menjaga eksistensi merga banurea dalam berbagai sisi kemasyarakatan, social dan budaya," ucap Mutsyuhito Solin diakhir kata sambutannya.

(*/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved